Mata kuliah ini memperkenalkan landasan pengetahuan, keterampilan dan karakter terkait pengelolaan karyawan serta fungsi atau tugas-tugas dalam pengelolaan karyawan agar visi/misi perusahaan dapat tercapai.  Selain teori, pada mata kuliah ini diberikan juga metode praktis untuk menjalankan perusahaan khususnya perusahaan baru serta pengembangannya. Aktivitas perkuliahan dirancang untuk merencanakan, mengelola dan mengkoordinasikan serta mengevaluasi sumber daya manusia dalam organisasi yang meliputi aktivitas pengelolaan karyawan stratejik, perancangan organisasi dan budaya organisasi, analisis jabatan, prosedur operasi standar, perencanaan sumber daya manusia, perekrutan, seleksi, pelatihan dan pengembangan pegawai, penilaian kinerja (termasuk pengembangan karir), keselamatan dan kesehatan kerja, perubahan organisasi serta pengelolaan konflik. Dengan semakin meningkatnya kekuatan serikat pekerja, maka akan dibahas juga berbagai kebijakan ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap hubungan industrial yang akan dihadapi oleh seorang entrepreneur

Mata kuliah ini membahas mengenai aspek‐aspek perilaku individu di dalam organisasi dan  proses pengelolaan organisasi. Dalam mata kuliah ini dipelajari faktor manusia dalam pengelolaan organisasi, cara mengelola individu, hubungan antar individu maupun pengembangan organisasi. Secara khusus di dalam mata kuliah ini juga dibahas mengenai perubahan organisasi melalui kepemimpinan

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa berbagai macam teori dan konsep bisnis dan perdagangan global dengan memberikan penekanan kepada peranan kebudayaan dalam bisnis dan perdagangan global. Topik – topik yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah faktor-faktor pendorong dan dampak globalisasi; dampak kebudayaan, politik dan sistem ekonomi dalam konteks bisnis dan perdagangan global; intervensi pemerintah dalam perdagangan global; integrasi perekonomian regional dan dampaknya terhadap perdagangan global; pasar financial internasional; fungsi sistem moneter internasional; dan komponen utama yang perlu diperhatikan dalam manajemen bisnis global

Mata kuliah ini mengajarkan  bagaimana cara untuk mengidentifikasi potensi diri dan melihat peluang bisnis berbasis pertanian, kelautan, dan biosains tropika. Setelah peluang usaha diidentifikasi, mahasiswa diajarkan bagaimana mewujudkannya menjadi sebuah usaha yang layak dan prospektif, termasuk langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mendirikan sebuah perusahaan. Selain itu dalam mata kuliah ini akan dijelaskan mengenai faktor-faktor yang melandasi pemilihan bentuk perusahaan, jenis-jenis perusahaan berdasarkan bidang usaha, badan hukum, kerjasama, dan proses produksi

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu merencanakan sebuah bisnis berbasis pertanian, kelautan dan biosains tropika yang layak dan inovatif untuk dilaksanakan, dilihat dari berbagai aspek seperti operasional,  keuangan, sumber daya, dan penilaian produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Mata kuliah akan memberikan mahasiswa tentang bagaimana memulai perencanaan bisnis, mengembangkan rencana bisnis yang komprehensif, mengembangkan jaringan bisnis, mengembangkan dan membangun karakter kewirausahaan, serta mengembangkan pengetahuan kewirausahaan sebagai dasar pengembangan rencana bisnis (business plan) yang inovatif

Mata kuliah ini membahas manajemen rantai pasok dan proses operasi suatu organisasi/perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi: strategi dalam rantai pasok dan operasi dalam persaingan bisnis; alat-alat pengambilan keputusan; manajemen mutu; strategi dan disain produk; perencanaan bahan baku dan kapasitas; manajemen persediaan; perencanaan agregat; strategi lokasi; strategi layout; dan teknik penjadwalan. Mata kuliah ini akan fokus pada industri-industri berbasis produk pertanian, kelautan dan biosains tropika dalam aplikasinya. Setelah mendapatkan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan fungsi bisnis utama dan proses bisnis di dalam dan di seluruh perusahaan menjadi sebuah model bisnis yang kohesif dan berkinerja tinggi

Mata kuliah ini mengkaji teori dan arti penting kreativitas, inovasi dan teknologi dalam lingkup bisnis. Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam bidang inovasi, kreativitas dan teknologi dalam mendukung keberjalanan bisnis. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan diberikan pemahaman, bahwa inovasi internal dan eksternal merupakan suatu keniscayaan yang harus dijalankan oleh setiap wirausahawan agar bisnisnya dapat selalu bertumbuh dan memiliki keunggulan kompetitif. Mata kuliah ini juga akan membahas riset dan pengembangan untuk inovasi, strategi bisnis dan strategi teknologi, kemampuan teknologi dan sistem informasi, serta aplikasi pengelolaan teknologi pada kegiatan bisnis. Pendalaman (kasus) akan dilakukan pada industri berbasis sumberdaya pertanian, kelautan, dan biosains tropika