Mata kuliah ini membahas budaya dan penggunaan bahasa asing di bidang bisnis. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, budaya asing, keahlian membaca, menulis, maupun kemampuan berkomunikasi, negosiasi, dan diplomasi menggunakan bahasa asing tersebut. Materi yang diberikan dalam mata kuliah ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk menjadi lebih handal dalam  penggunaan bahasa asing yang berhubungan dengan aplikasi bisnis. Mata kuliah bersifat pilihan (pilih salah satu), yaitu bahasa Mandarin, Jepang, Jerman atau Perancis

Seiring dengan globalisasi serta perkembangan ICT yang sangat dinamis, perkembangan pasar serta perilaku konsumen juga mengalami perubahan yang sangat signifikan. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang dinamika global dan aspek-aspek yang mempengaruhi pasar dan perilaku konsumen, serta teori-teori dan metode riset pasar. Materi yang akan disampaikan mencakup strategi-strategi pemasaran, perilaku konsumen, analisis pasar dan konsumen, sampai ke strategi dan penyusunan proses bisnis

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami penilaian dan mitigasi resiko bisnis secara komprehensif dimulai dari mengidentifikasi, memberikan penilaian, menentukan prioritas resiko, memahami struktur dan organisasi untuk penilaian dan mitigasi resiko bisnis, penyesuaian keputusan bisnis terhadap resiko – resiko bisnis sehingga mampu memaksimalkan peluang. Mata kuliah ini membahas konsep dasar manajemen resiko bisnis, yang mencakup karakteristik resiko (baik risiko pasar dan treasury, risiko kredit, maupun risiko operasional), regulasi yang diterapkan untuk mengelola dan mengendalikan resiko dalam dunia bisnis, dan struktur tata kelola resiko dalam dunia bisnis. Mahasiswa juga diajarkan untuk menghitung resiko pasar dan resiko likuiditas, resiko kredit dan resiko finansial, dan risiko operasional, serta menghitung kebutuhan modal minimum dan memelihara kecukupan modalnya untuk mengantisipasi risiko-risiko tersebut

Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang didasarkan pada teori organisasi dengan memeriksa struktur perusahaan dan pasar. Mata kuliah ini membahas mengenai bagaimana suatu industri mengelola model persaingan, biaya transaksi, informasi yang terbatas, dan hambatan dari persaingan tidak sempurna. Mata kuliah ini juga membahas konsep dasar market-driven strategy dan proses stratejik di dalam perusahaan yang mencakup analisis situasi stratejik, penyusunan strategi bisnis, pengembangan program bisnis, implementasi dan pengendalian strategi bisnis, serta berbagai kasus yang relevan

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan etika, moral dan  hukum dasar yang melingkupi aktivitas bisnis dan pengelolaan organisasi bisnis. Bahasan matakuliah meliputi ruang lingkup hukum dan etika bisnis, perkembangan pemikiran tentang hukum dan etika bisnis, aspek hukum badan usaha dan operasional bisnis, maupun karakteristik dan implementasi etika bisnis. Selain itu, mata kuliah ini juga mempelajari bagaimana berbagai organisasi bisnis mampu melaksanakan kegiatannya secara efektif sesuai dengan hukum, tugas dan  kewajiban, pembuatan kontrak bisnis yang sah dan memahami hak-hak & kewajiban sebagai pelaku usaha