A. DESKRIPSI MATA AJARAN
Metode Kuantitatif untuk Manajemen mencakup konsep, teori dan metode/teknik Statistika dan Riset Operasi. Topik bahasan meliputi: Analisis Regresi, Deret Waktu, Peramalan Bisnis dan Nonparametrik (Statistika) serta Model Program Linear dan Model Variasinya (Riset Operasi). Sistematika setiap topik secara bertahap membahas proses identifikasi masalah, formulasi model, analisis/solusi model dan interpretasi hasil dari suatu fenomena (sistem) bisnis dan manajemen.
B. TUJUAN PENGAJARAN
Pengajaran Metode Kuantitatif bertujuan memberikan pemahaman teori/konsep/teknik dan penerapan metode kuantitatif dalam manajemen sehingga peserta program mampu menggunakan "Pendekatan Kuantitatif" sebagai "Alat Bantu" dalam "Proses Pengambilan Keputusan"
C. METODE PENGAJARAN
Pengajaran diberikan dalam bentuk kombinasi kuliah, diskusi dan tugas kelompok serta kegiatan mandiri dari para mahasiswa. Dalam perkuliahan (tatap muka) diberikan pemahaman teori/konsep dan teknik kuantitatif, sedangkan pembahasan soal latihan/kasus dilaksanakan dalam kegiatan diskusi, tugas kelompok atau individual (pendalaman).
D. BAHAN PUSTAKA
STATISTIKA :
A. Hanke, J. E. and A.G. Reitsch. 1992. "Business Forecasting" 4Ed. Allyn and Bacon,
B.
RISET OPERASI :
C. Gould, F.J., G.D. Eppen and C.P. Schmidt. 1991. "Introduction Management Science" 3 Ed. Prentice- Hall International , Inc.,
D. Nasendi, B.D. dan A. Anwar. 1985. "Program Linear dan Variasinya". P.T. Gramedia, Jakarta
- Teacher: Toni Bakhtiar Bakhtiar
- Teacher: Sekolah Bisnis
- Teacher: Bagus Sartono Sartono
Pengetahuan dan wawasan mengenai bagaimana manajemen pengetahuan dan inovasi dilakukan untuk meningkatkan kinerja organisasi dan meningkatkan kesejahteraan semua pelaku yang terlibat dalam sistem pendidikan tinggi
- Teacher: Sekolah Bisnis
Trend global pendidikan tinggi, termasuk tuntutan dan tantangan global, persaingan dan kerjasama global. Mobilitas internasional dan kerjasama penyelenggaraan pendidikan tinggi lintas negara; akreditasi internasional
- Teacher: Sekolah Bisnis
- Teacher: Nahrowi Ramli
Analisis kebutuhan aset dan fasilitas penyelenggaraan perguruan tinggi. Dasar perencanaan dan sistem pengelolaan asset dan fasilitas, mencakup pengadaan, pengoperasian, pemeliharaan, retirement/disposal
- Teacher: Erizal Basa
- Teacher: Sekolah Bisnis
Teori dasar dan konsep mutu dalam pendidikan. Indikator mutu. Model-model penjaminan mutu. Elemen dan mekanisme sistem penjaminan mutu di perguruan tinggi. Dokumen Mutu.
- Teacher: Setyo Pertiwi
- Teacher: Adil Basuki Ahza Ahza
- Teacher: Sekolah Bisnis
Tata hukum dan perundangan di Indonesia. Hukum dan perundangan terkait pendidikan tinggi serta implikasinya pada penyelenggaraan perguruan tinggi. Kebijakan pendidikan tinggi nasional dan institusional
- Teacher: Sekolah Bisnis
Mandat utama (core business) perguruan tinggi. Proses bisnis di perguruan tinggi. Aspek-aspek strategis dalam pengembangan kegiatan akademik (kurikulum dan pengembangan kurikulum, penyelenggaraan pendidikan, manajemen riset dan pengabdian pada masyarakat, pengelolaan hak kekayaan intelektual, dsb); Perencanaan, penyelenggaraan dan administrasi kegiatan akademik. Indikator kinerja manajemen dan administrasi akademik
- Teacher: Setyo Pertiwi
- Teacher: Sekolah Bisnis
Untuk mencapai kontribusi tersebut di atas mata kuliah membahas tentang teori sistem dan teori organisasi khususnya sebagai kerangka untuk memahami karakter perguruan tinggi sebagai organisasi publik dan Learning Organization yang memiliki misi tridharma. Selain itu akan dibahas pula tata pamong dan tata kelola di perguruan tinggi untuk menjalankan berbagai urusan yang harus diselesaikan oleh perguruan tinggi.
- Teacher: Sekolah Bisnis
- Teacher: Dahrul Syah Syah