Mata kuliah ini membahas jenis-jenis produk asuransi jiwa individu; pengantar properti dan jenis-jenis asuransi kecelakaan; pengantar manajemen risiko; penentuan harga premi dan valuasi; desain program pension termasuk pengenalan program pensiun di beberapa negara.

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dasar akuntansi, persamaan akuntansi, dan siklus/alur akuntansi; konsep dan asumsi dasar dalam akuntansi, laporan tahunan, dan pernyataan tahunan; akuntansi untuk aset investasi, aset lain, kewajiban dan cadangan, serta akuntansi untuk manfaat polis.

Mata kuliah ini membahas akuntansi untuk modal dan surplus; akuntansi untuk pendapatan dan laporan keuangan pendapatan; sumber utama pengeluaran dan laporan keuangan pengeluaran; nilai waktu dari uang; fungsi dan aturan dalam akuntansi manajemen serta analisis biaya; proses penganggaran dan pengklasifikasian anggaran; pusat pertanggungjawaban dan evaluasi performance-nya; analisis laporan keuangan; pengendalian dan audit internal; isi PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan).

Dalam kuliah ini akan dipelajari dasar-dasar analisis regresi, model regresi persamaan tunggal, dan model deret waktu.

Dalam kuliah ini akan dipelajari hakikat dan sifat-sifat model survival, pendugaan model survival dari data contoh, serta penerapan dan perluasannya.

Pada kuliah ini akan diperkenalkan produk-produk keuangan derivatif, meliputi option (opsi), future, forward, dan swap; dan mekanisme perdagangan produk-produk derivatif tersebut. Akan dipelajari juga model harga produk derivatif tersebut untuk menilai harga wajar dari produk tersebut. Pengetahuan tentang harga wajar tersebut selanjutnya akan digunakan untuk melakukan tindakan lindung nilai (hedging). Proses komputasi numerik akan diaplikasikan untuk menilai harga opsi eksotik, yang kebanyakan tidak memiliki solusi analitik.

Mata kuliah ini membahas terapan matematika yang berhubungan dengan aktuaria untuk pekerjaan di asuransi jiwa, dana pensiun, asuransi kesehatan, dan asuransi umum. Topik yang dibahas: model risiko individu jangka pendek, sebaran survival dan tabel hayat, asuransi hidup, anuitas hidup, premi, dan cadangan benefit (benefit reserves).

Dalam kuliah ini akan dipelajari: sebaran model kontinu maupun diskret, model aktuaria yang meliputi model agregat kerugian dan model kebangkrutan waktu diskret maupun kontinu.

Mata kuliah ini membahas terapan matematika yang berhubungan dengan aktuaria untuk pekerjaan di asuransi jiwa, dana pensiun, asuransi kesehatan, dan asuransi umum. Topik yang dibahas: fungsi hayat berganda (multiple life functions), model dekremen berganda, model klaim dan model risiko kolektif.

Dalam kuliah ini akan dipelajari: cara mengkonstruksi model empirik dan model parametrik untuk masalah aktuaria, dan teknik simulasi untuk memperoleh penyelesaian numerik.

Dalam kuliah ini akan dipelajari membangun dan validasi model simulasi stokastik yang bermanfaat dalam komputasi, riset operasi, teknik perekayasaan dan sains. Mempelajari permasalahan dalam merancang dan estimasi. Reduksi keragaman. Implementasi dan analisis hasil.

Magang adalah suatu kegiatan untuk menambah pengalaman kerja praktis dan ketrampilan mahasiswa yang sesuai dengan bidang keahlian aktuaria. Kegiatan magang juga dapat digunakan untuk mencari alternatif penyelesaian masalah yang ditemukan pada perusahaan, industri atau lembaga pemerintah.

Penyajian hasil karya ilmiah secara lisan dari seorang mahasiswa dalam suatu forum yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa. Tujuan dari seminar ini adalah untuk memaparkan hasil Karya Ilmiah I dan Karya Ilmiah II serta untuk memperoleh saran/masukan untuk perbaikan karya ilmiah. Matakuliah ini dapat diiukuti apabila telah mengikuti perkuliahan minimal 139 sks dan telah menyelesaikan karya ilmiah II.

Penyusunan awal Karya Ilmiah S1 (Skripsi) dalam bidang aktuaria di bawah arahan dosen pembimbing. Materi yang dicakup dalam Karya Ilmiah I adalah telaah pustaka terhadap topik terpilih, penentuan tujuan Karya Ilmiah, dan kemajuan pelaksanaan tugas akhir. Penilaian dari karya Ilmiah I didasarkan atas kinerja mahasiswa selama proses pembimbingan dan hasil sesi poster. Sesi poster dilakukan di akhir semester bertujuan untuk memaparkan hasil kemajuan penelitian dalam bentuk poster.

Karya Ilmiah II merupakan kelanjutan dari Karya Ilmiah I. Dalam proses pembimbingannya, membahas hasil penelitian atau pengembangan dari hasil telaah pustaka yang telah diperoleh saat Karya Ilmiah I. Penilaian dari Karya Ilmiah II didasarkan atas kinerja mahasiswa selama proses pembimbingan (tercermin dari kualitas skripsi) dan hasil ujian skripsi. Ujian skripsi baru bisa dilaksanakan jika mahasiswa telah mengambil paling sedikit 140 SKS dan karya tulisnya (skripsi) telah mendapatkan persetujuan dari dosen penguji luar (dosen penguji selain dosen pembimbing dengan bidang ilmu yang sesuai).