Mikrobiologi Akuatik

Mata kuliah ini menguraikan tentang ruang lingkup mikrobiologi dalam perairan, sistematika dan taksonomi mikroba, interaksi dan metabolisme mikroba, uraian khusus tentang bakteri dan arkhea, fungi, dan virus, ekologi mikroba dalam perairan, genetik dan rekayasa mikroba perairan, serta pengendalian mikroba yang merugikan.

Mata kuliah Kimia Dasar merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa.  Dalam Kimia Dasar  ini dipelajari  tentang materi, teori atom, sistem periodik, ikatan kimia, sifat-sifat gas, teori kinetika dan molekul gas, stoikiometri, sifat-sifat koligatif, hubungan kelarutan dengan ksp dan konsep asam dan basa.

Setelah mengikuti perkuliahan Biokimia diharapkan mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan konsep-konsep dasar biokimia secara komprehensif dan mampu menyusun serta melakukan suatu penelitian dalam bidang biokimia.

Bioteknologi Akuakultur

Mata kuliah yang menjelaskan tentang pengertian bioteknologi, aplikasi bioteknologi tradisional dan modern, review Sel, kromosom, gen, DNA, RNA, kode genetik, dogma sentral dasar genetika, Sintesis protein dan Ekspresi gen, DNA Rekombinan,  Bioteknologi pada Bidang Budidaya Perairan; bioetika dalam bioteknologi.

Matakuliah ini mempelajari tentang dasar-dasar teknik pengemasan dan penyimpanan produk pangan, menguraikan proses yang terjadi pada produk pangan akibat perlakuan  pengemasan dan penyimpanan, menguraikan alur distribusi pengemasan dan penyimpanagan produk pangan, merancang kemasan dan label suatu produk pangan

mahasiswadapat :
1. Menjelaskanpentingnyailmumanajemen tentang bibit dan pembibitan ternak unggas.
2. Menjelaskanpengetahuan dasar yang mendukungtentang bibit dan pembibitan ternak unggas.
 
Manajemen Bibit dan Pembibitan 
1. Manajemen pemeliharaan ternak pembibit.
2. Manajemen penanganan telur tetas di kandang bibit.
3. Seleksi dan metode sanitasi telur tetas.
4. Penyebab terjadinya kerusakan telur.
5. Peralatan penetasan.
6. Manajemen penanganan inkubator.
7. Manajemen penanganan anak ayam yang baru menetas.

Mata kuliah Algoritma dan Struktur Data memberikan pemahaman dan penguasaan kepada mahasiswa mengenai penyusunan data pada memori komputer atau pada media penyimpan seperti Hard Disk. Dengan penyusunan data baik, maka problem yang kompleks, yang mempunyai operasi-operasi penting untuk memanipulasi data (pemasukan, pencarian, pengurutan, dan penghapusan data) dapat dieksekusi dengan sumber daya yang lebih kecil, memori lebih kecil, dan waktu eksekusi yang lebih cepat. Mata kuliah ini meliputi analisis algoritma (big-Oh), metode-metode dalam searching dan sorting serta berbagai macam Struktur Data seperti arrays, queue, stacks, linked lists, binary trees, dan hash tables, ataupun kombinasi diantaranya.

Mata kuliah ini merupakan matakuliah yang membahas konsep dasar lembaga keuangan secara universal, serta lembaga keuangan (bank dan lembaga keuangan lainnya) secara spesifik di Indonesia. Pembahasan meliputi konsep dasar lembaga keuangan, dunia perbankan di Indonesia (Sistem Perbankan dan Lembaga Keuangan di Indonesia, Otoritas Moneter, Kesehatan dan Rahasia Bank, Jenis Bank, Aktivitas Bank, Bank Berdasarkan Prinsip Syariah), dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (Leasing, Modal Ventura, Anjak Piutang, Kartu Plastik, Pegadaian, Dana Pensiun, Asuransi, Pasar Modal, Pasar Uang dan Pasar Valuta Asing). Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep dasar lembaga keuangan secara universal, serta lembaga keuangan secara spesifik di Indonesia.

Mata kuliah ini memberikan kemampuan secara komprehensif (Knowladge, Skill, dan Attitude) tentang budidaya laut skala komersial berbasis lingkungan, yang mencakup definisi tentang budidaya laut, pengenalan potensi lingkungan pesisir dan laut, semua aspek yang terkait dengan perikanan marikultur, perencanaan marikultur, desain marikultur, manajemen kesehatan dan keamanan produk budidaya, manajemen budidaya ikan, manajemen budidaya moluska dan ekinodermata, manajemen budidaya crustacea, manajemen budidaya rumput laut, dan pengembangan budidaya laut, IMTA (Integrated Multi Tropical Aquaculture) serta konsep budidaya laut masa depan;

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam bidang inovasi dan kewirausahaan serta penerapannya dalam kehidupan praktis.

Mata Kuliah Manajemen Marikultur membahas pokok pokok bahasan yang meliputi, bagaimana pengelolaan suatu wilayah perairan teluk, pantai di mana tempat pembudidaya ikan interaksi antara lingkungan tempat budidaya dengan biota yang di budidayakan (PH, temperature, kekeruhan, salinitas, DO, kesuburan perairan, sarana dan prasarana budidaya, kapasitas lahan /wilayah dan pemukiman penduduk dll) untuk mengantarkan  mahasiswa  mampu memahami , menjelaskan dan mempraktekannya di dalam proses pembudidaya dalam mengembangkan budidayanya dan melestarikan lingkungannya untuk keberlanjutan budidaya di suatu wilaya/lahan tertentu.

Ekonomi Perikanan Ekonomi Perikanan Ekonomi Perikanan Ekonomi Perikanan

ExerciseVonThunen.pdfExerciseVonThunen.pdf

Mata kuliah studi kelayakan membahas berbagai aspek yang mampu diimplementasikan oleh mahasiswa untuk dapat menilai kelayakan sebuah usaha khususnya dalam bidang peternakan yang bersifat komersial.

Setelahmengikutiperkuliahanini, mahasiswadapat :
1. Memahami RPS MUTU
2. Menjelaskanpentingnyailmumanajemen usaha ternakunggas.
3. Menjelaskanpengetahuan dasar yang mendukungmanajemen usaha ternakunggas.
Menjelaskantentangpokokbahasan dalam mata kuliahmanajemen usaha ternakunggas.

Mata kuliah Komunikasi Bisnis diberikan kepada mahasiswa dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan sekaligus keterampilan tentang bagaimana melakukan aktivitas komunikasi bisnis di dalam organisasi publik maupun privat. Materi komunikasi bisnis meliputi pemahaman dasar komunikasi bisnis, komunikasi interpersonal dalam lingkungan bisnis, kemampuan berkomunikasi presentasi, negosiasi, dan melakukan wawancara. Mengenal lingkungan khalayak juga merupakan bahasan komunikasi bisnis.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam bidang inovasi dan kewirausahaan serta penerapannya dalam kehidupan praktis.

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, komposisi, sifat-sifat dan pengujian kualitas hasil ternak berupa daging, susu dan telur. Selain itu, juga membahas tentang pengetahuan dasar kulit, dasar hasil ikutan dan dasar-dasar pengolahan hasil ternak.

Tujuan utama menganalisis pasar adalah mengindentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen yang ingin dipenuhi oleh perusahaan dan menetapkan cara merancang serta menetapkan tawaran yang dapat memuaskan kebutuhan den keinginan tersebut. Analisis ini menuntut kemampuan manajer pemasaran dalam memahami berbagai produk alternatif dan subsitusi yang tersedia bagi para pelanggan potensial dan proses-proses yang digunakan konsumen dalam memutuskan pemilihan merek dan produk. Untuk itu, perusahaan harus mampu dan bersedia mendengarkan suara pelanggan (voice of the customer) melalui analisis pasar. Analisis pasar terdiri atas enam langkah yang saling terkait:

  1. Menentukan pasar relevan (relevan market)
  2. Menganalisis permintaan primer untuk pasar relevan
  3. Menganalisis permintaan selektif dalam pasar relevan
  4. Menetapkan segemen pasar
  5. Menilai persaingan
  6. Mengindentifikasi pasar sasaran potensia
Analisis Pemasaran Konsumen.pptxAnalisis Pemasaran Konsumen.pptx

Mata kuliah ini belajar statistika pada penerapan ekonomi bisnis

A problem of great concern to regional economic forecasters is how to know the current local economic status given the delays and noise in provisional data. In this paper the structure of revisions to one of the most important regional data sets, local jobs by industry, is analyzed. A Kalman filter formulation is presented that can be used to improve the monthly estimates of jobs in local industries where large subsequent data revisions are most likely. Two data sets, one for the State of Virginia and one for the Louisville MSA, are used to illustrate the technique. The results, while not conclusive, suggest that the technique may be of practical importance in the monitoring and forecasting of employment activity in mining, construction and other industries for which provisional estimates are subject to the greatest later revision.

BoS.pdfBoS.pdf

Mata kuliah ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Mahasiswa

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan skill tentang teknologi pengolahan hasil perikanan

Mata kuliah ini membahas sistem penggunaan lahan yang mengkombinasikan pepohonan dengan tanaman pertanian untuk meningkatkan manfaat ekonomis maupun ekologis 

mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk mampu menjelaskan arti dan ruang lingkup pemuliaan tanaman baik secara konvensional maupun non-konvensional dan perannya dalam meningkatkan produksi pertanian. Juga dijelaskan pembentukan dan penggunaan plasma nutfah dan perannya dalam pereakitan varietas unggul.  Disampaikan juga  dasar statistik dan genetik dalam pemuliaan tanaman.  Corak perkembangbiakan tanaman dan implikasinya dalam pemuliaan tanaman, berbagai metode pemuliaan secara umum baik pada tanaman menyerbuk sendiri, silang maupun vegetatif juga ikut diberikan. Pemuliaan untuk resistensi terhadap biotik dan abiotik, peran bioteknologi dan mutasi dalam pemuliaan tanaman juga dijelaskan secara garis besar