Animal Diseases and Veterinary Health

Membahas tentang arti kesehatan dan kesehatan masyarakat, peran kedokteran hewan dalam kesehatan masyarakat, faktor-faktor dan penyebab-penyebab penyakit yang mempengaruhi kesehatan masyarakat, serta usaha-usaha untuk meningkatkan kesehatan.  Mata kuliah ini membahas juga jenis-jenis dan sumber pencemaran lingkungan, serta dampaknya terhadap kesehatan, termasuk pencegahan dan pengendaliannya. Selain itu dibahas pula mengenai penerapan biosekuriti dan pasar sehat serta pendekatan one health dan ecohealth dalam kesehatan masyarakat

Artropoda pengganggu hingga saat ini masih menjadi hambatan dalam pembangunan bidang kesehatan. Penyakit-penyakit  yang ditularkan oleh serangga penghisap darah dan masalah serangga pengganggu manusia dan hewan banyak menimbulkan kerugian yang tidak terhingga. Mata kuliah ini ditawarkan untuk mengenali vektor, daur hidup, ekologi serta peranan serangga, tungau, caplak dan serangga beracun, dalam mengganggu kesehatan manusia dan hewan. Hal ini menjadi pengetahuan dasar yang diperlukan dalam upaya menentukan tindakan pengendalian vektor dan serangga penggangu lainnya. Pemahaman yang komprehensif tentang artropoda pengganggu kesehatan diharapkan dapat membekali mahasiswa sekaligus memperluas wawasan anda dalam lapangan pekerjaan yang sedang/akan dilakukan.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai dasar kehidupan bakteri dan cendawan serta peranannya sebagai agen penyakit infeksius.  Uraian mencakup sejarah, karakteristik, klasifikasi, pertumbuhan dan perkembangbiakan, metabolisme, genetika, faktor virulensi; mekanisme kerja bahan antibakteri dan anticendawan; serta prinsip dasar diagnosa laboratorium.

Learning outcome : mampu menjelaskan tentang kehidupan bakteri dan cendawan serta peranannya sebagai agen penyakit infeksius; mekanisme kerja bahan antibakteri dan anticendawan; serta prinsip dasar diagnosa laboratorium penyakit akibat infeksi bakteri dan cendawan.

Dosen :

1. Drh. Titiek Sunartatie, MS

2. Drh. Usamah Afiff, M.Sc

3. Drh. Rahmat Hidayat Harahap, M.Si

4. Drh. Dordia Anindita Rotinsulu, M.Si

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan  dasar tentang  virus  dalam sifat- sifat fisik, kimiawi dan biologik serta peranannya sebagai penyebab penyakit hewan.  mata kuliah diberikan dalam bentuk perkuliahan dan praktikum.  Praktikum diberikan di laboratorium untuk mempelajari teknik isolasi dan identifikasi virus meliputi teknik membiakan dan identifikasi serologis.

 Learning oucomes untuk mata kuliah ini adalah: Mampu menjelaskan pengetahuan dasar tentang virus dan peranannya sebagai agen penyakit infeksius beserta faktor yang mempengaruhi timbulnya penyakit; mekanisme kerja bahan antivirus ; serta prinsip diagnosa laboratorium akibat infeksi virus

Mata kuliah ini membahas konsep parasit dan parasitisme, faktor-faktor yang mempengaruhinya serta berbagai jenis ektoparasit penting bagi kesehatan hewan/masyarakat, mulai dari klasifikasi, morfologi, habitat dan daur hidup, perilaku arti penting, serta falsafah dan cara-cara pengendaliannya. Teknik koleksi, prosesing dan identifikasi juga dibahas diakhir perkuliahan.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai penyakit infeksius asal bakteri dan cendawan yang secara sosio-ekonomis dan politis penting (penyakit Strategis) di Indonesia dan dunia kesehatan hewan internasional.  Pada mata kuliah ini bahasan yang akan diberikan meliputi: etiologi, gejala penyakit, patogenesa, diagnosa, epidemiologi, pencegahan dan pemberantasan penyakit infeksius.

Learning Outcome:

Mampu menjelaskan tentang etiologi, gejala penyakit, patogenesa, diagnosa, epidemiologi, pencegahan dan pemberantasan penyakit infeksius asal bakteri dan cendawan, serta mampu melakukan diagnosa dan identifikasi agen penyebab penyakit.

Koordinator MK: Drh. Usamah Affif, MSc

Tim Pengajar:

Prof. Dr. drh. Fachriyan H. Pasaribu

drh. Usamah Affif, MSc

drh. Titiek Sunartatie, MS

Dr. drh. Hj.Agustin I., M.Biomed

drh. Dordia Anindita Rotinsulu, MSi

KONTRAK PERKULIAHAN_Penyakit Bakterial dan Mikal.pdfKONTRAK PERKULIAHAN_Penyakit Bakterial dan Mikal.pdf

This course will provide a basic knowledge of the life of bacteria and fungi as well as their role in various diseases of animals and humans. The course description includes the history, characteristics, classification, growth and reproduction, metabolism, genetics, virulence factors and laboratory diagnostics for bacteria and fungi. Upon completion of this course the student can explain the basic principles of life bacteria and fungi in its role as agents of infectious disease.

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang virus dalam sifat-sifat fisik,kimiawi dan biologik serta peranannya sebagai penyebab penyakit hewan.
Matakuliah ini diberikan kepada mahasiswa, agar dapat menjelaskan proses reaksi tubuh terhadap benda asing baik non mikroorganisme maupun mikroorganisme seperti virus, bakteri, parasit dan cendawan ; mekanismenya serta berbagai akibat yang ditimbulkannya. Secara rinci menguraikan pembentukan kekebalan tubuh, mekanisme infeksi, reaksi antigen dengan antibodi, reaksi hipersensitivitas, kelainan sistem kekebalan tubuh, uji serologik serta pembuatan dan penggunaan vaksin.

Kode Mata Kuliah dan Nama Mata Kuliah

IPH 331  Parasitologi Veteriner : Endoparasit


Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar tentang parasit dan parasitisme, taksonomi, morfologi dan biologi serta penyakit akibat infeksi endoparasit (protozoa dan helminth) dengan titik berat pada parasit yang memiliki kepentingan ekonomik dan/atau kesehatan masyarakat. Pembahasan penyakit mencakup patogenesis, gejala klinis, epidemiologi, dan pengendaliannya. Praktikum diberikan untuk menunjang pemahaman mahasiswa tentang biologi protozoa dan helmin melalui pengamatan berbagai stadium protozoa dan helmin.


Dosen Pengajar
  1. Dr Drh Elok Budi Retnani, MS (Koordinator)
  2. Prof Dr Drh Umi Cahyaningsih, MS
  3. Drh Fadjar Satrija, M.Sc, Ph.D
  4. Drh Risa Tiuria, MS, Ph.D
  5. Dr Drh Yusuf Ridwan, M.Si
  6. Dr Drh Ahmad Arief Amien
  7. Drh Arifin Budiman Nugraha, M.Si
  8. Drh Ridi Arief