Aquaculture

Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar bisnis terkait akuakultur berdasarkan pendekatan teknologi produksi dan perilaku pasar.

BDP 302 Ikan Hias dan Akuaskap

Mata kuliah Ikan Hias dan akuaskap merupakan mata kuliah yang dapat diambil oleh seluruh  mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Dasar-dasar Akuakultur, Dasar-dasar Mikrobiologi Akuatik, Fisika Kimia Perairan. Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang konsep industri ikan hias dan akuaskaping, termasuk didalamnya pengenalan dan pemilihan jenis ikan dan tanaman hias serta pengembangbiakannnya, persiapan tempat dan wadah, penebaran, pakan dan pemberian pakan, pengelolaan kesehatan, pengelolaan kualitas air, pengendalian mutu ikan, gtrading dan sortasi produk ikan hias, transportasi ikan, design dan pembuatan wadah pemeliharaan ikan serta teknik fotografi untuk ikan hias dan akuaskap.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memelihara ikan hias dan tanaman hias, merancang dan membuat akuarium dan kolam hias serta teknik fotografi ikan hias dan akuaskap.

Mata kuliah mengajarkan kepada mahasiswa agar dapat memahami hakikat ilmu pengetahuan dan kaidah yang disyaratkan dalam melakukan penelitian ilmiah, menguasai berbagai metode penelitian dan teknik penyebarluasan hasil penelitian melalui media ilmiah tertulis dan lisan. Materi perkuliahan yang diberikan meliputi konsep IPTEKS dan metode ilmiah, tatacara menyusun perencanaan penelitian ilmiah, pedoman pengumpulan dan pengorganisasian data, pemrosesan dan penyajian data hasil penelitian, menulis naskah ilmiah yang layak dipublikasikan.

Dasar-dasar Akuakultur menjelaskan tentang komponen akuakultur yang terdiri dari Ikan, air (fisik, kimia, biologi), pakan, dan wadah, serta dinamika akibat interaksi antar komponen tersebut, prinsip-prinsip yang mendasari peningkatan produktivitas perairan dan pengelolaan akuakultur yang berorientasi kepada keuntungan dan keberlanjutan, mulai skala unit terkecil hingga kawasan akuakultur.

Mata kuliah ini menjelaskan aspek genetika dalam akuakultur dan pendekatan teknologi rekayasa untuk perbaikan mutu genetika yang terkait dengan peningkatan produktivitas. Pengetahuan dasar yang diberikan meliputi deskripsi materi genetika ikan, transmisi dan ekspresi gen, fenotipe dan kelainan genetis, selektif breeding, pemetaan genotipe dan rekayasa genetika

Mata kuliah ini mempelajari kebutuhan nutrien ikan, termasuk di dalamnya krustase, dan organisme akuatik lainnya baik yang hidup di air laut, air payau maupun air tawar, yang kajiannya meliputi stuktur, fungsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan nutrien organisme akuatik. 

Mata kuliah ini mempelajari kebutuhan nutrien ikan, termasuk di dalamnya krustase, dan organisme akuatik lainnya baik yang hidup di air laut, air payau maupun air tawar, yang kajiannya meliputi stuktur, fungsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan nutrien organisme akuatik.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang mikroba akuatik meliputi taksonomi, morfologi, fisiologi dan reproduksi bakteri, virus dan cendawan, metode isolasi dan identifikasi serta kepentingannya dalam kegiatan budidaya perairan.
Mata ajaran ini menelaah parameter fisika-kimia air, dinamikanya dan peranannya terhadap fisiologi ikan serta terhadap dinamika plankton dalam sistem budidaya.Disamping itu juga penelaahan tentang kualitas tanah dasar kolam/tambak.Pembahasan meliputi identifikasi parameter kualitas fisika-kimia air serta sifat kimia tanah, dinamika beberapa parameter fisik-kimia tanah, peranannya terhadap fungsi-fungsi fisiologis ikan, dan kaitan antara faktor lingkungan dengan dinamika plankton dalam sistem akuakultur.

Mata Kuliah ini menjelaskan prinsip, ruang lingkup dan aplikasi bioteknologi dalam berbagai aktivitas akuakultur yang mencakup teknologi DNA rekombinan, transfer gen dan ikan transgenik, prinsip dan aplikasi PCR, kloning gen, analisis ekspresi gen, sekuensing, dan regulasi produk bioteknologi

Mata Kuliah ini menjelaskan prinsip, ruang lingkup, dan aplikasi bioteknologi dalam bidang akuakultur yang mencakup teknologi DNA rekombinan, transfer gen pada ikan, manipulasi ekspresi gen ikan, ikan transgenik, prinsip dan aplikasi PCR, serta sekuensing dan regulasi produk bioteknologi
Mata kuliah ini menjelaskan proses reproduksi ikan dalam arti luas (Ikan, Udang, Kerang, Amfibi, Reptilia, dan Teripang) yang terkait dengan aspek fisiologi, mekanisme kontrol reproduksi (hormonal dan lingkungan akuatik) serta manipulasi reproduksi biota akuatik
Mata kuliah ini menjabarkan tentang teknologi pembuatan dan pemberian pakan ikan, termasuk krustase, moluska, dan ekinodermata. Dalam hal teknik pembuatan pakan mencakup evaluasi bahan baku pakan (fisika, kimia, dan biologi), formulasi, proses pembuatan dan pengepakan, distribusi dan penyimpanan. teknik pemberian pakan menjelaskan interaksi antara kebutuhan pakan dan fisiologi hewan dan lingkungan.
Mata kuliah ini menjelaskan berbagai teknik budidaya plankton, bentos, dan alga dalam satu unit usaha budidaya
Mata kuliah ini menjelaskan penyakit yang sering terjadi pada organisme akuatik, meliputi telaah agen penyebab sebaran geografis, etiologi, gejala klinis inang, dan diagnosa terhadap penyakit ikan tersebut
Mata kuliah ini dapat diambil oleh mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Penyakit Organisme Akuatik. Mata kuliah ini menjelaskan prinsip-prinsip tentang manajemen kesehatan ikan secara terintegrasi melalui tindakan pencegahan dan pengobatan dengan memperhatikan aspek inang – patogen - lingkungan, dan dinamika penyakit.
Mata kuliah ini dapat diambil oleh mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Dasar-dasar Akuakultur dan Fisika Kimia Perairan Mata Kuliah ini menelaah peranan kualitas air terhadap kesehatan dan produksi biota budidaya, hidrologi, sumber air untuk kegiatan budidaya, permasalahan kualitas air dan solusinya, serta pengantar toksikologi dan bioassay.Pembahasan meliputi pengaruh kualitas air terhadap kesehatan ikan, siklus dan distribusi air di alam, pemanfaatan berbagai sumber air untuk kegiatan budidaya ikan, beserta kelebihan dan kekurangan serta alternatif solusinya, pengelolaan kesuburan perairan, resirkulasi, pengelolaan limbah budidaya dan bioassay.
Mata kuliah ini menelaah kualitas dan kuantitas air dan tanah; pengetahuan bahan dan peralatan bagi keperluan rancang bangun perwadahan dan prasarana budidaya ikan berikut manajemen pemeliharaannya. Pembahasan meliputi identifikasi kondisi kualitas dan kuantitas air serta sifat fisika-kimia tanah; sistem perairan dan modifikasinya, pemetaan serta rancang bangun tata air dan konstruksi perwadahan budidaya ikan serta manajemen pembangunan dan pengoperasian wadah budidaya ikan beserta peralatannya yang ekonomis dan efisien
Pengetahuan yang diberikan adalah mengenai konsep penelitian di bidang akuakultur serta kaidah dan tata cara pembuatan usulan penelitian dan penulisan karya ilmiah.
Mata kuliah ini mengajarkan sistem good aquaculture practices, HACCP, safety dan quality
Mempelajari manajemen budidaya bahari dalam skala komersial dengan pendekatan kesisteman, yang mencakup pemilihan komoditas budidaya, penetapan lokasi, pengelolaan budidaya beberapa komoditas bahari pada beberapa tipe budidaya, perancangan usaha budidaya, serta konsep budidaya bahari masa depan.
Mempelajari manajemen budidaya air tawar dalam skala komersial dengan pendekatan kesisteman, yang mencakup pemilihan komoditas budidaya, penetapan lokasi, pengelolaan beberapa komoditas air tawar pada beberapa tipe budidaya perancangan usaha budidaya transportasi ikan air tawar, serta konsep budidaya air tawar masa depan.
Mata Kuliah ini memberikan penjelasan tentang pengembangan akuakultur, fakto-faktor pendukung dan penghambat pengembangan; perkembangan dan penyerapan kemajuan teknologi permintaan dan keterbatasan sumberdaya alam (SDA); keterkaitan akuakultur dengan kegiatan produksi lain; dampak lingkungan peluang optimasi peran akuakultur dalam keterbatasan SDA.
Pengembangan jiwa dan perilaku teknopreneursip dalam bidang akuakultur
Mata kuliah ini menanamkan pemahaman dan penguasaan atas pengertian benih ikan, pengadaan benih ikan dengan terencana, cara dan proses produksi; cara memilih teknologi yang tepat; keuntungan produksi benih yang disesuaikan dengan kegiatan usaha pembesaran; dan transportasi benih
Mata Kuliah ini menanamkan pemahaman dan penguasaan atas pengertian benih ikan, pengadaan benih ikan dengan terencana; cara dan proses produksi; dengan kegiatan usaha pembesaran dan kemungkinan pemasok ke lokasi yang lebih jauh.
Memberikan pengalaman dan pengetahuan praktis mengenai berbagai aspek pembenihan dan pembesaran ikan di lapangan, dan komponen subsistem perikanan budidaya
Penyampaian hasil penelitian oleh mahasiswa tingkat akhir
Secara ilmiah terkait pembenihan atau pembesaran ikan di lapangan atau laboratorium