Resources Management Living Aquatic
Telaah tentang tipologi dan karakteristikperairan tawar baik yang mengalir (lotik, dari hulu sampai muara(hilir/estuari) maupun tergenang (lentik, alami dan buatan); meliputi aspekPaleolimnologi, aspek fisik (morfometri, cahaya, dan suhu), aspek kimia, danaspek biologi; pemanfaatan dan upaya pengelolaannya
Karakteristik parameter kunci dalam menilai kelayakan kualitas air sebagai habitat dan sumberdaya. Pemahaman terhadap parameter fisika (kecerahan, suhu, padatan, kekeruhan) parameter kimia (gas terlarut, pH, alkalinitas, nutrien, organik, anorganik), dan parameter biologi (mikroba), serta kemampuan praktis dalam analisis kualitas air.
Mata kuliah Ekologi Perairan membahas mengenaiproses ekologis dalam lingkungan perairan, seperti aliran energi, daur materi,faktor pembatas perairan; struktur organisasi organisme perairan (populasi dankomunitas); ekosistem perairan yang meliputi tawar, estuari dan laut, perubahandan suksesi ekosistem, pencemaran dan keanekaragaman hayati
Matakuliah ini membahas tentang struktur dan peranan hewan avertebrata air dalam sumberdaya perikanan. Fungsi organ dalam reproduksi dan pertumbuhan avertebrata air.
Mata kuliah ini membahas mengenai identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi ikan,distribusi ikan secara geografis dan ekologis, anatomi ikan, KelasChondricthyes dan Osteichtyes, dan keanekaragaman ikan
Mata kuliah ini membahas 10 sistem organ tubuhikan melalui penelaahan secara makro terhadap anatomi dalam dan fungsinya dalamkaitannya dengan adaptasi ikan terhadap lingkungan
Mata kuliah ini menjelaskan konsep fisiologipada hewan air; fisiologi sel dan metabolisme, konsep homeotasis danbioenergetika proses sirkulasi, respirasi, pencernaan, osmoregulasi, reproduksidan kemungkinan-kemungkinan untuk membuat manipulasi dalam proses- proses tsbuntuk meningkatkan produksi, meningkatkan hasil tangkapan, mensukseskan pengelolaandan merangsang reproduksi hewan air
Mata kuliah ini menjelaskan tentang dinamikaekologi perairan pesisir dan laut, khususnya di perairan pesisir dan lauttropis dan dinamikanya dengan fokus ekosistem-ekosistem pesisir tropika,berdasarkan proses-proses dan prinsip-prinsip dinamika lingkungan fisika-kimiayang terkait dengan dinamika sistem biologi-ekologi perairan wilayah pesisirdan laut tropika, sebagai dasar dalam pengelolaan lingkungan perairan pesisirdan laut tropika
Matakuliah ini membahas tentang aspek biologidan ekologi mamalia, reptil, dan amfibi mencakup morfologi, distribusi,reproduksi, dan ruaya; tingkat keterancaman terhadap kepunahan, dan upayakonservasi
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswamampu menjelaskan karakteristik jenis-jenis/kelompok jenis komoditas sumberdaya perikanan yang bernilai ekonomis dari berbagai habitat dan yang potensialuntuk dikembangkan serta alternatif pengambangannya untuk berbagai keperluandan menunjang pengelolaan pemanfaatan yang berkelanjutan
Dasar-dasar algoritma dan pemrograman, basisdata, aplikasi model dan simulasi ekosistem perairan, sistem informasimanajemen sumberdaya perairan dan sistem informasi geografis
Biologi perikanan adalah studi mengenai ikansebagai sumberdaya yang dapat dipanen oleh manusia (ekonomis/non-ekonomis). Biologiperikanan mempelajari daur hidup ikan, mulai dari lahir sampai mati yangmeliputi: (a) fekunditas dan pola reproduksi, umur pada waktu mencapaikematangan gonad dan nisbah kelamin, kecepatan survival dan mortalitas padatahap-tahap daur hidup; (b) distribusi ekologi, pergerakan dan ruaya, tingkah lakuikan dalam 24 jam atau dari musim ke musim; (c) interaksi intra dan interspesies, bagaimana interaksi spesies dalam lingkungan hidupnya yang akanmempengaruhi populasi/spesies lainnya; (d) populasi serta faktor-faktor yangmengontrolnya, kecepatan pertumbuhan dan waktu mencapai ukuran rata-rata dariberbagai macam ikan; dan (e) pengaruh penangkapan terhadap populasi, reproduksidan pertumbuhan
Pemahaman falsafah ilmu dan teknologi;penjelasan esensi dan proses penelitian; polapikir penelitian ilmiah; topik danmasalah penelitian (cakupan sesuai kompetensi menurut Bagian di Departemen);kerangka pemikiran dan hipotesis penelitian, metode pengumpulan data,pengolahan, penyajian informasi ilmiah dan metode penulisan untuk penyusunankarya ilmiah
Matakuliah ini memuat terminologi danklasifikasi plankton dan produser primer perairan serta membahas tentangtingkah laku, peran, dan kaitan ekologisnya dalam ekosistem perairan, jugamanfaatnya bagi manusia; beberapa rumus Indeks Lingkungan diperkenalkan untukmelatih ketrampilan menilai kondisi suatu perairan

Pemahaman tentangpencemaran di perairan tawar dan laut dengan mempelajari sumber dankarakteristik bahan pencemar, proses yang dialami bahan pencemar di dalamperairan, dampak terhadap ekosistem perairan termasuk penggunaan bioindikator,serta konsep dasar tentang pendugaan bahan pencemar

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentangtransportasi massa dan energi yang dipengaruhi oleh gelombang, pasut, internalwave, up-welling, arus, turbulensi, dan sirkulasi perairan yang terjadi dilaut, estuari, danau. Hidrodinamika sungai. Berbagai komponen sistem iklimbumi. Ulasan mengenai El Nino, anomali i klimmusiman, perubahan iklim alami maupun antropogenik serta pengaruh dan dampaknyapada hidrodinamika lingkungan perairan

Mata kuliah IlmuTumbuhan Air dan Makroalga memberi pemahaman tentang: Deskripsi, lingkup,peran, fungsi, dan manfaat tumbuhan air serta makroalgae di berbagai tipologiperairan, serta penerapan secara ekonomis dan ekologis terutama dalam mengatasi‘climate change’.

Produktivitas primer dan sekunder pada berbagaiekosistem yang berbeda (perairan tergenang, mengalir) cara pengukuran dankomponen penyusunnya; peranan sebagai penduga kesuburan
Mata kuliah ini memberi penjelasan tentang dasarpengolahan air limbah, sumber dan penyebab terjadinya limbah serta perencanaandan pelaksanaan pengolahan air limbah, baik secara fisika, kimia maupunbiologi.
Telaah tentang berbagai kegiatan pembangunan dandampak yang ditimbulkan terhadap ekosistem perairan dan penentuan kriteriadampak penting dan upaya pengelolaannya
Mata kuliah ini menjelaskan tentang pengertianmengenai konsepsi konservasi sumberdaya, keanekaragaman hayati, kriteria,fungsi dan pemanfaatan kawasan konservasi dan pengelolaan sumberdaya hayatiperairan umum, pesisir dan laut, kaitannya dengan pembangunan berkelanjutanmelalui perlindungan dan pelestarian
Ekotoksikologi Perairan memberi pemahamantentang sumber, sifat-sifat serta pengaruh bahan-bahan toksik terhadap biotaperairan melalui pendekatan tentang absorpsi, distribusi, ekskresi,biotransformasi, metabolisme serta transformasi kimia dan fisika
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konseppengelolaan laut dan pesisir berbasis ekosistem dimana semua interaksi dalamekosistem diperhitungkan; perencanaan laut dalam pengelolaan berbasis ekosistem(pembentukan unit pengelolaan laut, analisis biaya efektif dalam pengelolaanlaut, penatagunaan laut dan pesisir); dampak akumulatif; dayadukung, sertamonitoring dan evaluasi dalam pengelolaan laut dan pesisir
Mata kuliah in membahas prinsip-prinsip dinamikapopulasi dan genetika populasi, serta mengintegrasikan kedua disiplin ilmutersebut untuk mengidentifikasi status populasi biota perairan sampai padatingkat sub populasi untuk tujuan pengelolaan kelestarian sumberdayaperikanan. Prinsip dinamika populasiyang dibahas meliputi struktur umur dan pertumbuhan populasi yang belum tereksploitasi. Prinsip genetika yang dibahas meliputi analisis genetika suatupopulasi atau subpopulasi berdasarkan molekuler dan isozym
Mata kuliah ini membahas perubahan-perubahanyang terjadi pada suatu populasi ikan yang mencakup pertumbuhan, mortalitas,rekruitmen, dan reproduksi. Disamping itu, tercakup pula berbagai metode untukpendugaan kelimpahan ikan
Pengkajian stok ikan membahas teknik-teknikpengkajian stok baik secara analitik/struktural, global maupun gabungannya(holistik). Pembahasan dilakukan melalui model-model sederhana dan model-modelyang lebih kompleks seperti surplus yield model dan peramalan tangkapan sertadynamic pool model yang diperlukan dalam pengelolaan sumberdaya perikanan yangberkelanjutan
Mata kuliah ini menjelaskan tentang metodekuantitatif bagi pengolahan data sumberdaya perairan mulai dari metodepenarikan contoh data, perancangan percobaan, metode survei, regresi berganda,dan pengantar multivariate
Mata kuliah ini memberikan pembelajaran kepadamahasiswa untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah dipelajari bagikemajuan masyarakat perikanan dan belajar mengatasi permasalahan yang muncul dilapangan (desa-desa yang mempunyai kegiatan usaha perikanan atau desa-desapesisir di Indonesia yang menjadi prioritas). Kegiatan ini meliputi kuliahpembekalan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi pelaksanaan, dan penyusunan laporan
Penyampaian hasil-hasil penelitian olehmahasiswa tingkat akhir, sebelum melakukan ujian skripsi
Penelaahan masalah berupa penelitian, dalamkeilmuan Manajemen Sumberdaya Perairan, yang meliputi perumusan masalah,penyajian hasil dan pembahasan, serta penarikan kesimpulan menurut kaidahilmiah. Kegiatan ini mencakupperencanaan atau pembuatan usulan, pelaksanaan kegiatan, dan penyusunanskripsi, serta ujian skripsi. Kegiatanini dapat dilakukan setelah mahasiswa mengumpulkan 105 sks
Mata kuliah Perencanaan Pengelolaan SumberdayaPerairan memberi pemahaman tentang: Perencanaan pendayagunaan sumberdayaperairan secara optimal dan berkelanjutan bagi kesejahteraan ma syarakat. Memahami prinsip-prinsip pengelolaansumberdaya perairan, termasuk memahami ruang lingkup, tipologi, evaluasi statuspotensi dan aspek kelembagaan
Mata kuliah ini menjelaskan tentang pengertiansumberdaya perairan sebagai barang publik dan konsekuensinya,peraturan-peraturan nasional dan internasional serta kebijakan-kebijakantentang pengelolaan sumberdaya perairan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia dan Lembaga-LembagaInternasional. Selanjutnya akan dibahasmengenai fakta masalah kebijakan,masalah pengelolaan sumberdaya perairan, kegagalan pemerintah, dan kegagalanpasar yang menyebabkan diperlukannya intervensi kebijakan. Pada bagian akhir kuliah ini dikemukakananalisis kebijakan dalam proses pembuatan serta beberapa konsep-konsepkebijakan sumberdaya serta kelembagaan pengelolaan sumberdaya perairan yang diperlukanuntuk mencapai keberlanjutan pengelolaan
Mata kuliah ini menjelaskan tentang potensi danpembangunan wilayah pesisir, konsep pengelolaan lingkungan pesisir secaraterpadu dan lestari, karakteristik ekosistem pesisir, dinamika pantai, prinsip-prinsip tata ruang wilayah pesisir melalui pendekatanbiofisik kimia dan karakteristik sosial ekonomi dan budaya
Karakteristik sumberdaya perairan untukpengembangan ekowisata, serta klasifikasi, dan prinsip-prinsip pengelolaanekowista perairan yang berkesinambungan
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswamampu memahami sistem perikanan yang terdiri dari sub sistem sumberdaya ikandan habitat, sub-sistem pelaku perikanan dan sub-sistem pengelolaan dankebijakan perikanan, mengetahui karakteristik ketidakpastian perikanan,mengetahui komponen pengelolaan perikanan, tipologi perangkat pengelolaanperikanan (fisheries management measures) dan mengetahui tahap-tahapperencanaan perikanan