Animal Production and Technology

Mata kuliah ini menjelaskan tentang fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan usaha peternakan, prinsip-prinsip ekonomi yang penting bagi  usaha  peternakan, unsur-unsur pokok usaha dan bisnis peternakan, pengembangan SDM peternakan, kelembagaan yang terkait dengan usaha peternakan, komponen  biaya dan penerimaan usaha  peternakan, pemasaran produk-produk usaha peternakan, penyusunan business plan, serta analisis pendapatan dan kelayakan usaha dan bisnis peternakan

Mata kuliah ini mempelajari pengelolaan usaha peternakan secara menyeluruh yang mencakup karakteristik usaha peternakan, penyusunan rencana usaha, organisasi usaha, manajemen keuangan, manajemen SDM, distribusi produk dan evaluasi usaha

Mata kuliah ini mempelajari tentang perkembangan industri pengolahan daging, hubungan mutu daging dan pengolahan daging, potongan komersial yang sesuai dengan teknik pengolahan daging, bahan tambahan dalam pengolahan daging, metode pengolahan daging, proses perubahan selama pengolahan, metode pengemasan dan penyimpanan produk olahan daging, serta pemanfaatan hasil samping industri daging.

Mata kuliah ini mempelajari arti dan fungsi jenis ternak, bangsa-bangsa ternak, morfologi, kerangka dan komposisi tubuh, pertumbuhan dan perkembangan, fisiologi laktasi, sistem pencernaan dan reproduksi serta koefesien teknis produksi dan reproduksi ternak.
Matakuliah ini membahas sistematika tingkah laku dasar ternak, faktor utama yg mempengaruhi tingkah laku ternak, anatomi, fisiologi dan pengaruh lingkungan, prinsip-prinsip dasar kesejahteraan dan manajemen ternak, penanganan ternak dalam penelitian, transportasi, manajemen pemeliharaan dan pembiakannya, serta etika dan hak asasi ternak dalam kehidupannya.

Mata kuliah ini membahas kerangka berpikir ilmiah, penerapan ststistika dan metode ilmiah dalam perancangan percobaan, berbagai bentuk percobaan satu factor & dua factor, statistik deskriptif, percobaan menggunakan statistik non parametric serta analisa regresi dan korelasi

Mata kuliah ini mempelajari sistem-sistem produksi peternakan, perencanaan produksi, penataan fasilitas, jaringan kerja produksi peternakan, serta transportasi produk ternak.
Matakuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang cara penilaian eksterior ternak perah; cara pemeliharaan ternak perah (sapi, kambing, dan kerbau perah); serta perencanaan usaha peternakan ternak perah
Mata kuliah ini membahas mengenai potensi dan prospek peternakan sapi pedaging di Indonesia, sistem seleksi dan perkawinan, evaluasi sapi bakalan, sistem produksi pada ternak sapi pedaging, manajemen pemeliharaan, bangunan dan perkandangan, manajemen feedlot dan evaluasi serta pemasaran sapi pedaging.
Mata kuliah ini membahas potensi sosio-ekonomi-budaya industri peternakan Ruminansia Kecil (Domba-Kambing-Kelinci), prinsip-prinsip taxonomi, anatomi, fisiologi pertumbuhan, penyakit dan kesehatanternak, manajemen pakan dan pemberian pakan, struktur-fungsi-tata ruang perkandangan, sarana produksi peternakan, dan teknologi produksi industri peternakan Ruminansia Kecil (Domba, Kambing dan Kelinci) yang ekonomis, serta mampu merencanakan industri peternakan Ruminansia Kecil.
Mata kuliah ini membahas potensi sosio-ekonomi-budaya industri peternakan Ruminansia Kecil (Domba-Kambing-Kelinci), prinsip-prinsip taxonomi, anatomi, fisiologi pertumbuhan, penyakit dan kesehatanternak, manajemen pakan dan pemberian pakan, struktur-fungsi-tata ruang perkandangan, sarana produksi peternakan, dan teknologi produksi industri peternakan Ruminansia Kecil (Domba, Kambing dan Kelinci) yang ekonomis, serta mampu merencanakan industri peternakan Ruminansia Kecil.







Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan ternak babi dan kuda di Indonesia, tatlaksana perkawinan, faktor yang mempengaruhi kebuntingan, tata laksana induk menyusui dan setelah sapih, seleksi induk pengganti dan pengafkiran, pembuatan ransum serta pemberiannya, perkandangan pada ternak babi dan kuda.
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang ternak non ruminansia dan satwa harapan serta mengevaluasi peluang pengembangan peternakannya secara terpadu melalui pendekatan sistem usahatani dan analisis terhadap kendala dan peluang. Mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pengolahan produk ternak non ruminansia dan satwa harapan.

Mata Kuliah ini membahas tentang teknik memproduksi bibit unggas (pedaging dan petelur) baik ras maupun buras, meliputi aspek biologi pertumbuhan, manajemen pemeliharaan (lingkungan, pakan, pencegahan penyakit dll) dan teknik reproduksi unggas yang unik.

Mata kuliah ini membahas perkembangan genetika ternak, biologi sel, gametogenesis, genetika molekuler, struktur kromosom dan abnormalitas, ekspresi gen, penciri genetik, genotip dan fenotip, pola pewarisan sifat kualitatif dan kuantitatif, pewarisan sifat terpaut kelamin, epsitasis dan alel ganda, frekuensi gen dan teori peluang, pemetaan gen dalam kromosom dan genetika kuantitatif.
Mata kuliah ini membahas dan mengevaluasi kegenetikaan dan nilai ekonomi sifat kualitatif dan kuantitatif pada ternak. dasar seleksi dan pemanfaatannya. perbaikan mutu genetik melalui seleksi, sistem perkawinan dan pembentukan bangsa/galur baru. kerekayasaan genetik, penggunaan penanda gentik serta penerapan genetika molekuler untuk pemuliaan ternak. membahas kebijakan nasional dalam pemuliaan ternak dan pelesatiran plasma nutfah nasional.
Mata kuliah ini membahas tentang komposisi, struktur dan karakteristik fisikokimia komponen-komponen penyusun susu. Mata kuliah ini juga membahas penanganan susu pasca panen, proses homogenisasi dan pemanasan susu (pateurisasi dan sterilisasi) serta permasalahannya, pengolahan susu dengan fermentasi dan non fermentasi, penanganan dan sanitasi proses pengolahan produk susu.
Mata Kuliah ini membahas tentang perkembangan industri pengolahan daging, hubungan mutu daging dan pengolahan daging, bahan tambahan dalam pengolahan daging, metode pengolahan daging, metode pengemasan dan penyimpanan produk olahan daging serta kemanan pangan produk olahan daging
Mata kuliah ini membahas tentang manfaat daging dan telur, teknik pengolahan, perubahan fisik dan kimia selama pengolahan, faktor-faktor yang mempengaruhi hasil olahan dan cara pengujian hasil olahannya.

Mata kuliah ini membahas potensi dan jenis hasil ikutan beserta sifat fisik/kimia. Juga dibahas teknologi pengelolaan dan pengoahan hingga menghasilkan pangan, non pangan dan seni kerajinan serta mewujudkan lingkungan terhindar dari pencemaran. Pada mata kuliah ini juga dibahas sifat fisik dan kimia kulit, teknologi pengawetan kulit serta teknologi penyamakan kulit

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dana manajemen abatoar (rumah pemotongan sapi, domba, kambing, ayam dan babi), proses pemotongan ternak dan potongan komersial serta hubungannya dengan kualitas karkas dan daging yang dihasilkan. MK ini juga membahas tentang karakteristik dan metode evaluasi karkas serta klasifikasi dan grading pada karkas sapi, domba, kambing, ayam dan babi.
Mata kuliah ini mempelajari pengaruh lingkungan mikro (suhu, kelembaban, radiasi matahari, kecepatan angin) terhadap respon fisiologis, produktifitas dan kesejahteraan ternak. Modifikasi lingkungan ternak, pengetahuan bangunan, perkandangan serta peralatan di industri peternakan.
Mata kuliah ini mempelajari sistem-sistem produksi peternakan, perencanaan produksi, penataan fasilitas, jaringan kerja produksi peternakan, serta transportasi produk ternak.
Mata kuliah ini membahas tentang tujuan dan konsep-konsep peternakan terpadu, pengertian dan pengembangan peternakan terpadu melalui pendekatan sistem, klasifikasi dan karakteristik sistem peternakan terpadu, efisiensi teknis, desain pengembangan peternakan terpadu yang efisien dan berkelanjutan.