Prasyarat: FIS101

Mata kuliah ini merupakan pendalaman untuk memahami konsep tentang gelombang dengan cakupan materi meliputi osilasi bebas sistem sederhana, osilasi bebas sisten dengan banyak derajat kebebasan, osilasi terpaksa, gelombang berjalan, pemantulan, impedansi, modulasi, analisa fourier, gerak gelombang dua dan tiga dimensi, polarisasi, interferensi dan difraksi, gelombang EM.

Prasyarat: FIS211

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Mekanika 1 (FIS211) yang membahas tentang dinamika sistem partikel, gerak benda tegar dalam bidang datar, gerak benda tegar dalam tiga dimensi, mekanika Lagrange dan dinamika sistem berosilasi

Prasyarat: - 

Mata kuliah ini diberikan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi umum lulusan yang terkait denagn program keahlian yang ditekuni. Secara khusus memberikan pemahaman konsep dan metode fisika dalam membahas gejala-gejala biologi. Materi mata kuliah ini meliputi biofisika sel, gaya pada skala nanometer, struktur dan sifat biomolekul, termodinamika biologi, fotobiofisika, biofisika radiasi, dan biosensor. Penyajian mata kuliah ini tidak membutuhkan latar belakang matematika yang kuat sehingga diharapkan dapat dicerna dengan baik oleh seluruh mahasiswa.

Prasyarat: FIS243

Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari Mata Kuliah Fisika Matematika 1 (FIS243) yang bertujuan memberikan bekal kemampuan analitik bagi mahasiswa untuk menyelesaikan masalah-masalah fisika pada mata kuliah lainnya. Materi yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: deret dan transformasi fourier, persamaan differensial biasa, kalkulus variasi, analisis tensor, fungsi khusus, solusi deret dari persamaan differensial (Legendre, Bessel, Hermite, Laguerre), persamaan differensial parsial, fungsi variabel kompleks, statistik dan peluang.

Prasyarat: FIS243

Matakuliah ini membahas algoritma pemrograman dan metoda numerik untuk penyelesaian berbagai macam problem fisika, antara lain penyelesaian kalkulus numerik berupa integrasi dan diferensiasi, metoda trapezoid, Simpson, Montecarlo, Metropolis, solusi persamaan linear, eliminasi Gauss-Jordan dan LU Decomposition, penyelesaian persamaan differensial biasa dengan metoda Euler, Runge-Kutta, dan finite difference.

Prasyarat: FIS253

Matakuliah ini diberikan dengan tujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan dasar instrumentasi digital. Matakuliah ini membahas konsep dasar sistem digital seperti sistem bilangan biner, aljabar Boole, peta Karnaugh dan penggunaan rangkaian elektronika digital berbasis IC TTL dan CMOS untuk pembentukan sistem kombinasional dan sekuensial seperti dekoder-enkoder, multiplek-demultiplek sampai rangkaian register, counter dan memori serta penggunaan PLD dan teknologi VLSI untuk pembentukan sistem.

Prasyarat: -

Mata kuliah ini memuat beberapa topik percobaan fundamental yang membangun teori kuantum seperti percobaan tetes minyak Millikan, percobaan Thompson (rasio e/m), percobaan Frank-Hertz, radiasi benda hitam, percobaan spektrum atom Hidrogen, kecepatan cahaya, karakteristik laser dan cacah radioaktif.

Prasyarat: FIS215

Mata kuliah ini mencakup pembahasan mengenai prinsip dasar relativitas khusus, prinsip kesetaraan ruang-waktu, transformasi Lorentz dan konsekuensinya, pengantar tensor dan perumusan bentuk kovarian vektor empat untuk hukum Maxwell, prinsip aksi relativitas khusus, tranformasi umum koordinat dan pengantar teori relativitas umum, konsep kelengkungan ruang waktu.

Prasyarat: FIS321

Mata kuliah ini membahas tentang teori kuantum, atom berelektron tunggal, interaksi atom berelektron tunggal dengan radiasi elektromagnetik, struktur halus dan hiper-halus, interaksi atom berelektron tunggal dengan medan listrik dan magnet eksternal, atom berelektron dua, atom berelektron banyak, interaksi atom berelektron banyak dengan radiasi elektromagnetik dan dengan medan listrik dan magnet statik, struktur molekul, spektra molekular Maser, Laser dan interaksinya dengan atom dan molekul, aplikasi fisika atom dan molekul.

Prasyarat: FIS311

Matakuliah ini membahas tentang struktur kristal, struktur elektronik, transpor elektron dalam bahan, sifat optik bahan, sifat magnetik bahan, semikonduktor, superkonduktor.

Prasyarat: FIS311

Mata Kuliah Optika dan Fotonika adalah mata kuliah lanjut fisika. Materi yang diberikan terkait dengan sifat-sifat material dielektrik ketika berinteraksi dengan foton serta pemanfaatannya.

Prasyarat: FIS234

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan teori dan konsep tentang fenomena fisika pada sistem membran baik membran biologi maupun membran sintetik. Materi mata kuliah ini meliputi: sintesis dan karakterisasi membran, fenomena transport materi pada membran dan aplikasi teknologi membran.

Prasyarat: -

Matakuliah ini membahas dasar-dasar sensor dan transduser serta aplikasinya dalam sistem intrumentasi. Dalam mata kuliah ini dibahas tentang sensor pergeseran, stress dan strain, gaya dan torka, tekanan, aliran fluida, temperatur, gerak, akustik, biosensor, chemical sensor dan sensor proximity.

Prasyarat: -

Dalam mata kuliah ini mahasiswa membuat proposal penelitian untuk tugas akhir dan memaparkan di hadapan dosen pembimbing dan dosen penguji serta mahasiswa yang sudah siap melakukan penelitian 

Prasyarat: -

Dalam kuliah ini mahasiswa memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk mendapat umpan balik dari diskusi dalam memperbaiki tugas akhir.

Prasyarat: -

Dalam matakuliah ini mahasiswa melakukan penelitian dan menulis hasil penelitian dibawah bimbingan suatu komisi pembimbing (yang maksimum terdiri atas 2 orang dosen pembimbing) yang di tunjuk oleh Ketua Departemen Fisika.

Prasyarat: -

Mahasiswa melanjutkan mata kuliah Tugas Akhir 1 yang diakhiri dengan ujian komprehensif dan sidang sarjana.