Management
Membahas teori, konsep serta praktek manajemen produksi / operasi, desain produk, strategi proses, penentuan lokasi, tata letak, perencanaan kapasitas, peramalan, manajemen persediaan, perencanaan agregat dan material requirement planning, penjadwalan jangka pendek dan JIT,pengukuran dan perbaikan metode kerja, pengendalian proses produksi dan pengenalan manajemen rantai pasokan
Mata kuliah ini membahas peranan SIM seperti mengelola informasi, pendekatan sistem dalam pemecahan masalah (analisis, perancangan, implementasi, dan penggunaan), sistem pengolahan data, sistem informasi berbasis komputer dan aplikasinya menurut fungsi-fungsi perusahaan. Sistem informasi fungsional meliputi marketing informastion system, manufacturing information system, dan human resource information systems.

Deskripsi Mata Kuliah : 

Promosi dan Periklanan merupakan aplikasi promosi dan periklanan dalam mendukung pemasaran.   Konsep promosi dan periklanan sebagai strategi  perusahaan secara terpadu mendorong produk dan jasa agar sampai pada pelanggan.  Elemen bauran Promosi dan periklanan secara terpadu setiap elemen akan dikembangkan sesuai  Segmentasi, Targeting dan positioning produk/jasa perusahaan agar dapat menghasilkan komunikasi yang efektif dengan konsumen.  Dalam kuliah ini akan dibahas mulai dari perkembangan promosi dan periklanan terpadu saat ini,  analisis perilaku konsumen dan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi bauran promosi dan periklanan dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Memberikan pemahaman tentang konsep, prinsip-prinsip manajemen kompensasi dan mampu mengaplikasikan serta mengintegrasikan kebijakan-kebijakan kompensasi dengan manajemen kinerja dan strategi organisasi. Topik bahasan mata kuliah ini meliputi : perancangan sistem insentif yang adil, jenis-jenis kompensasi finansial dan non finansial, hak cuti, teknik penghitungan lembur dan teknik penghitungan pesangon akibat pemutusan hubungan kerja.
Mata kuliah ini membahas tentang pengantar akuntansi keuangan, transaksi keuangan, konsep penandingan dan proses penyesuaian, siklus akuntansi, akuntansi perusahaan dagang, akuntansi kas, piutang, dan persediaan, akuntansi aktiva tetap dan tak berwujud, akuntansi kewajiban lancar, akuntansi modal, laba, pajak, dan dividen, akuntansi utang jangka panjang, konsolidasi laporan keuangan, laporan keuangan, dan analisis laporan keuangan
Mata kuliah ini membahas metode analisa kuantitatif bagi pengambilan keputusan dan pemecahan masalah-masalah manajemen yang mencakup pengertian dan ruang lingkup metode kuantitatif dalam manajemen (Manajemen Sains); perencanaan linear analisis sensitivitas; transportasi, dan penugasan (Assigment); transhipment; goal programming; model-model jaringan kerja (network); antrian, gametheory, pemrograman tali linear, analisis markov, dan simulasi.
Membahas peranan penting pemasaran dalam kinerja organisasi, cara-cara memenangkan pasar melalui perencanaan strategis yang berorientasi pasar baik sebagai pemimpin, penantang, pengikut maupun memanfaatkan relung pasar serta pasar global.
Mempelajari keputusan-keputusan manajemen yang berdampak pada nilai keuangan perusahaan, mencakup prinsip-prinsip dan aplikasi keputusan investasi keuangan dan usaha, keputusan pendanaan dan struktur modal, serta keputusan distribusi hasil dan tatakelola perusahaan.
Mata kuliah ini membahas mengenai perilaku dan sikap normatif yang seharusnya dilakukan dalam berbisnis tata cara pergaulan dalam bisnis yang dijadikan sebagai nilai dan norma (Good Corporate Governance, HKI, Perlindungan Konsumen, Dampak Lingkungan dan masalah Sertifikasi Halal)serta membahas mengenai konsep komunikasi dalam pergaulan dan pekerjaan/bisnis meliputi komunikasi inter dan intra personal, teknik presentasi, teknik pemecahan masalah, negosiasi, public relation, dan public speaking, serta multimedia sebagai fasilitas berkomunikasi secara professional.

Mata Kuliah ini membahas fislosofi dan konsep mengenai manajemen proyek, siklus pengembangan sistem, perencanaan, studi kelayakan dari aspek finansial, SDM, produksi dan operasi, pasar dan Pemasaran serta leglitas, serta terminasi proyek bisnis di bidang produksi maupun jasa.

Mata kuliah ini membahas secara umum risiko bisnis yang dihadapi perusahaan, yaitu identifikasi dan metode pengukuran risiko; property; kewajiban dan sumberdaya manusia terhadap risiko dan manajemen; organisasi; pengambilan keputusan; serta menangani krisis dalam perusahaan secara komprehensif
Mempelajari penyiapan dan penggunaan laporan manajemen (Management Report) yang berciri obyektif dan subyektif, sesuai kebutuhan manajemen, yang disajikan secara berkala maupun sesuai kebutuhan, mencakup seluruh perusahaan maupun per bagian
Pasar keuangan dan Lembaga Keuangan mrupakan topik lanjutan untuk memahami sumber dan penggunaan dana, serta intermediasi keuangan. Penggunaan dana dirangkum dalam konsep investasi, sumber dana dirangkum dalam konsep struktur permodalan, intermediasi keuangan dirangkum dalam lembaga keuangan.

Mata kuliah ini membahas tentang pengantar keuangan mikro di dasar piramida perekonomian; lembaga swadaya masyarakat (swadaya); program keuangan mikro (pemerintah); layanan tabungan, kredit dan asuransi; pengiriman dan pembayaran; pembiayaan pertanian; pendanaan pelibatan keuangan mikro; regulasi pelibatan keuangan mikro; infrastruktur pelibatan keuangan mikro; pengembangan pelibatan pasar keuangan; kerangka manajemen risiko keuangan mikro; mitigasi risiko keuangan mikro; sistem informasi manajemen risiko.

Mata kuliah ini membahas komunikasi pemasaran, bagaimana komunikasi pemasaran bekerja, strategi dan perencanaan komunikasi pemasaran, bauran komunikasi pemasaran (Iklan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dengan mempergunakan media sosial dan media Internet, dan hubungan pelanggan).
Memberikan pengetahuan tentang karakteristik dan klasifikasi bisnis (sektor) jasa, perkembangan konsep pemasaran jasa, serta model pengelolaan pemasaran yang baik, disamping piranti (tools) yang sering digunakan untuk merencanakan, mendesain dan mengorganisasikan aktivitas pemasaran jasa, audit dan evaluasi kegiatan jasa secara cepat
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang isu-isu dan pertimbangan dalam pengelolaan harga produk, menggambarkan peran harga dan manajemen produk dalam mencapai tujuan bisnis strategis, menunjukkan hubungan antara harga dan manajemen produk dalam konteks bauran pemasaran dan proses manajemen pemasaran. MK ini meliputi pengembangan pemahaman dan kompetensi dalam menangani masalah yang berkaitan dengan pengelolaan produk yang ada, perumusan strategi pasar-produk, perencanaan dan pelaksanaan keputusan produk baru, strategi manajemen merek, strategi harga dan biaya, penetapan harga bauran pemasaran, dan penetapan harga lainnya.

Mata kuliah ini membahas konsep pemasaran global, manajemen pemasaran internasional, kebijakan produk internasional, distribusi pemasaran internasional, periklanan, penentuan harga dan koordinasi pada pasar internasional

Mata kuliah ini membahas mengenai berbagi teori, konsep dan praktek mengenai proses berfikir secara sistematis dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, analisis situasi, analisis persoalan, analisis keputusan dan analisis persoalan potensial pada berbagai kondisi yang mengandung resiko tertentu
Mata kuliah ini membahas tentang konsep mutu, system dan manajemen mutu beserta perangkat analisis mutu di bidang produksi maupun jasa
Memberikan gambaran mengenai perilaku manusia dalam organisasi, baik sebagai individu, sebagai kelompok atau dalam kesatuan yang lebih besar, dengan pembahasan atas faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisasi dengan masalah pengendalian sumber daya manusia atau SDM (job redesign dan enrichment, power dan kontrol, motivasi, kepemimpinan nilai/value dan budaya) serta hubungan perilaku dalam organisasi dengan perubahan (group influence, group norms dan group complience maupun intergroup relations dan konflik).
Memberikan pemahaman konsep, prinsip-prinsip dan teori manajemen kinerja serta contoh aplikasinya pada organisasi. Manajemen kinerja diadakan untuk memahami upaya peningkatan kinerja organisasi melalui aspek-aspek sumber daya manusia yang mencakup pemahaman konsep sistem kerja, pengukuran, proses, dan evaluasi kinerja; dengan fokus utama adalah peningkatan produktivitas dan analisis kinerja individu yang berdampak pada visi, misi, dan tujuan organisasi strategis. Peningkatan kinerja organisasi merupakan tuntutan baik eksternal maupun internal, guna mempertahankan organisasi, meningkatkan daya saing da mencapai tujuan organisasi melalui optimalisasi sumber daya manusia. Segala aspek yang berkaitan dengan upaya peningkatan kinerja organisasi akan menjadi fokus utama pada semua aktivitas organisasi utamanya mencakup komitmen terhadap perbaikan kinerja, perencanaan aktivitas dan proses serta evaluasi berdasar sistem prinsip kinerja organisasi yang telah disosialisasikan.