Agribusiness
Matakuliah ini memberikan pengetahuan mengenai konsep bisnis, sistem agribisnis dan keterkaitan antar subsistem, eksplorasi lingkungan bisnis, aplikasi prinsip ekonomi dalam bisnis, pengambilan keputusan dibawah risiko danketidakpastian serta aplikasi prinsip manajemen dalam bisnis.


Matakuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilandan kemampuan kepada mahasiswa tentang dinamika pasar agribisnis yang mencakup perspektif konsumen dan ruang lingkupnya, perubahan pasar global produk agribisnis, diagnosis proses pengambilan keputusan pembelian, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian, tanggung jawab dan perlindungan terhadap konsumen serta konsep supply chain management dalammerespon perubahan pasar.

Matakuliah ini meliputi bahasan Negosiasi dan Adokasi bisnis sebagai proses komunikasi; Komunikasi pendukung negosiasi dan advokasi : Komunikasi Verbal dan Non Verbal, Komunikasi Lintas Budaya; Peran Presentasi Bisnis dan Public Relation dalam Negosiasi; Persiapan Negosiasi: Langkah-langkah Negosiasi; Struktur Negosiasi yang efektif; Menangani Konflik; Mencapai Ksepakatan; Negosiasi melalui Telepon dan e-mail; Persiapan Advokasi bianis; Langkah-langkah advokasi bisnis, Pengenalan permasalahan bisnis; Teknik penyelesaian masalah dalam advokasi bisnis;

Matakuliah inimemberikan pengetahuan dan ketrampilan mengenai konsep risiko dan ketidakpastian, jenis-jesnis risiko dalam bisnis, teori pengambilan keputusan dan game theory, penilaian risiko spesialisasi dan portofolio, model-model risiko dalam bisnis, risiko dalam perbankan, dan strategi pengelolaan risiko
Matakuliahini memberikan penerapan secara interdisipliner dari ilmu-ilmu produksi, pemasaran dan perencanaan,kelembangaan, kebijakan, serta komunikasi dan advokasi dalam pengembangan komoditas pertanian melalui pendekatan sistem agribisnis
Dalam mata kuliah ini akan dipelajari arti, ruang lingkup dan manfaat studi kelayakan bisnis; konsep bisnis/proyek; kelayakan finansial dan ekonomi; aspek-aspek studi kelayakan bisnis; manfaat dan biaya proyek; konsep nilai uang (time value of money); pembayaran kredit dengan deffered annuity; kriteria investasi; serta kelayakan suatu bisnis ; analisis biaya sumberdaya domestik (DRC) dan analisis matriks kebijakan (PAM)
Matakuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang arti, ruang lingkup dan manfaat studi kelayakan bisnis, konsep siklus proyek/bisnis, aspek-aspek studi kelayakan bisnis; identifikasi biaya dan manfaat bisnis, konsep nilai uang (time value of money), pembayaran kredit dengan defered annuity, kriteria investasi; serta kelayakan suatu bisnis, analisis biaya sumberdaya domestik (DRC) dan analisis matriks kebijakan (PAM)
Matakuliahinididesainuntukmemberikanpemahamankepadamahasiswatentanghakikatbisnisinternasionaldan tigalingkungandimanabisnisinternasionaldilakukan; pentingnyaorganisasi-organisasi internasionalserta bagaimanamerekamempengaruhibisnisdilevelinternasional; kekuatan-kekuatanyangtidakbisa dikendalikan yangbekerjadisemualingkunganbisnis internasional; bagaimanacaramanajerberurusandenganseluruhkekuatan yangmempengaruhibisnis.
Matakuliah ini akan memberikan kemampuan pemahaman, penerapan, dan analisis kepada mahasiswa tentang ekonomi dan manajemen usahatani yang mencakup ruang lingkup, faktor-faktor sosiobiofisik, bentuk organisasi dan corak perkembangan, faktor produksi usahatani (unsur pokok), pendapatan, efisiensi, pembukuan, dan perencanaan usahatani. Matakuliah ini terdiri dari kuliah dan praktikum. Praktikum merupakan kombinasi antara praktikum kelas dalam bentuk presentasi dan diskusi, serta praktikum lapang dengan melakukan kunjungan ke kasus usahatani di sekitar kampus IPB. Praktikum dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 3-5 orang per kelompok. Setiap kelompok ditugasi untuk mempelajari secara utuh tentang pengelolaan satu kasus usahatani yang berlokasi di sekitar kampus. Kunjungan ke petani sebanyak 6-7 kali dengan alokasi waktu dan materi kunjungan disesuaikan dengan materi ajar yang diberikan dalam kuliah.
Matakuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang sistem Pemasaran produk agribisnis yang mencakup konsep, ruang lingkup, pendekatan studi dan analisis sistem Pemasaran produk agribisnis berdasarkan perspektif ekonomi dan manajemen termasuk kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan Pemasaran produk agribisnis serta alternatif solusi meningkatkan efektifitas dan efisiensi Pemasaran produk agribisnis.
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang sistem pemasaran produk agribisnis yang mencakup konsep, ruang lingkup, pendekatan studi dan analisis sistem Pemasaran produk agribisnisberdasarkan perspektif ekonomi dan manajemen termasuk kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan Pemasaran produk agribisnis serta alternatif solusi meningkatkan efektifitas dan efisiensi Pemasaran produk agribisnis
memberikankemampuanpemahaman,penerapandananalisiskepadamahasiswatentang agribisnis sebagai satuanusahadansistem aktivitaspenciptaannilaitambah(yaitubisnispengadaaninput,produksi primer, pengolahan, distribusi dan pemasaran) dari komoditi hayati
MK Pembiayaan agribisnis (under construction)