Communication and Community Development
Matakuliah Sosiologi Umum

Matakuliah ini mencakup pengajaran mengenai cara berfikir ilmiah dan metode menulis dengan bahasa ilmiah, mengenal bentuk-bentuk tulisan ilmiah, mempelajari proses penulisan ilmiah, teknik membuat kutipan (kutipan langsung dan ‘paraphrase’), menghindari plagiarism, penyajian data dan informasi, penyusunan daftar pustaka, teknik penyuntingan dan studi pustaka.

Matakuliah ini menjelaskan pengertian komunikasi; level-level dan komunikasi manusia; komunikasi intrapersonal; pembentukan persepsi; level-level ketergantungan komunikasi, komunikasi non-verbal, sikap berkomunikasi dan pengungkapan diri, analisis transaksional, proses mendengarkan, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi.

Mata kuliah ini menjelaskan sejarah perkembangan ilmu penyuluhan pertanian dan hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial lainnya, peranan penyuluhan dalam pembangunan pertanian, falsafah dan prinsip-prinsip penyuluhan pertanian, proses belajar-mengajar dan taksonomi tujuan pendidikan, proses adopsi dan pengambilan keputusan inovasi, proses difusi, komunikasi interpersonal dalam penyuluhan pertanian, model-model komunikasi massa dalam penyuluhan pertanian, metode penyuluhan, model-model dan tahapan dalam program penyuluhan pertanian, prosedur dan prinsip-prinsip penyusunan dan evaluasi program penyuluhan serta kebijakan dan program penyuluhan di Indonesia.

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa agar memahami tentang landasan teori komunikasi kelompok dan mampu mempraktekkannya dalam merencanakan pembentukkan, pembinaan, pengembangan kelompok sebagai inti pembangunan dan mampu meningkatkan efektivitas komunikasi kelompok. Mata kuliah prasyarat ialah Dasar2 komunikasi.
Mata kuliah ini diorganisir dalam 14 sessi, yang setiap sessi memerlukan 2 jam pertemuan tatap muka di perkuliahan ditambah dengan tugas-tugas individual dan praktikum.

Matakuliah ini menjelaskan pengertian komunikasi massa, perkembangan penggunaan media massa; penelitian dan teori awal komunikasi massa; perkembangan teori efek komunikasi massa; penggunaan komunikasi massa untuk pembangunan nasional dalam konsep dan dalam praktek; kritik terhadap penggunaan komunikasi massa dalam pembangunan nasional menurut paradigma dominan dan strategi penyuluhan difusi inovasi; dan saran strategi komunikasi massa dalam pembangunan berkelanjutan.

Mata kuliah ini menjelaskan pengertian Demografi dan Ilmu Kependudukan, kegunaannya dalam menganalisis masyarakat/penduduk pada berbagai ruang lingkup (makro, mikro, desa- kota, regional dan internasional yang mencakup aspek kuantitas dan kualitas), variabel-variabel penentu perkembangan penduduk (kelahiran, kematian dan migrasi), beragam pengertian dan ukuran dasar dalam demografi, ketenagakerjaan, gerak penduduk, proyeksi penduduk, pertalian antara variabel penduduk dan variabel lain (lahan, pangan/revolusi hijau, kemiskinan, lingkungan dan pembangunan berkelanjutan) serta kebijaksanaan kependudukan.

Matakuliah ini membahas hubungan Agraria, atau hubungan antara manusia dalam rangka penguasaan dan pemanfaatan sumberdaya Agraria (SDA), yang meliputi tanah, hutan, air dan kawasan perairan, pesisir dan dalam artian terbata) barang tambang. Bagaimana ekosistem dan sistem adaptasi mempengaruhi sistem penguasaan dan pemanfaatan SDA. Matakuliah ini membahas pembentukan dan perubahan struktur agraria, oleh proses-proses sejarah. Seperti kolonialisme dan ekspansi kapitalisme, selanjutnya kapitalisme global di periode pasca-kolonial mempengaruhi struktur penguasaan SDA. Serta membahas hubungan antara struktur agraria dengan distribusi kekuasaan politik, ekonomi, kemiskinan, dan permasalahan lingkungan. Matakuliah ini membahas juga gerakan petani dan golongan marjinal di dalam usaha mempertahankan atau merebut akses pada SDA serta merubah struktur agraria yang ada, hal mana dominan menjadi akar dari konflik SDA. Dibahas juga sejarah panjang dari kebijakan pembaruan agraria diberbagai negara, keberhasilan dan kegagalannya, sebagai bagian dari pembangunan ekonomi dan didalam usaha menciptakan struktur agraria yang lebih berkeadilan dan berkelanjutan. Mata kuliah ini ditutup dengan pembahasan mengenai metoda penelitian (partisipatif) permasalahan agraria

Definisi sosiologi pedesaan dan revolusi inggris-perancis (K1)
Kontrak Praktikum (P1)

Matakuliah ini menjelaskan landasan teoritis untuk pengembangan masyarakat yang terkait dengan konteks analisis dan aksi pengembangan masyarakat di lapangan dengan memahami latarbelakang dan pengertian pengembangan masyarakat; beragam isu dalam pengembangan masyarakat; prinsip-prinsip dasar pengembangan masyarakat; pendekatan pengembangan masyarakat secara holistik dan terpadu; dan prinsip-prinsip untuk menerapkan aksi pengembangan masyarakat. Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa akan dapat memahami filosofi pengembangan masyarakat dan posisinya dalam teori-teori pembangunan; menganalisis dan mendiagnosis kondisi aktual suatu komunitas dalam konteks pengembangan masyarakat; memahami prinsip-prinsip dan pendekatan dalam pengembangan masyarakat; dan menetapkan pendekatan pengembangan masyarakat yang relevan dengan kondisi aktual berbagai komunitas.

Silahkan gunakan enrollment key skpmtop.

Matakuliah ini menjelaskan landasan teoritis untuk analisis pembangunan berperspektif gender dengan memahami konsep gender; gender dan studi pembangunan; isu gender dalam pembangunan; ragam perspektif gender; ragam pendekatan kajian gender dalam pembangunan; pengarusutamaan gender; analisis gender dan pembangunan; metode penelitian berorientasi gender.

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa mampu (1) memetakan dan menganalisis isu-isu gender dalam pembangunan, (2) menganalisis program pembangunan dan pengembangan masyarakat yang responsif gender, dan khususnya pemberdayaan perempuan, dan (3) memilih metoda yang efektif untuk penelitian berorientasi gender.

Matakuliah ini menjelaskan pengertian konsep, terminologi dan sejarah perkembangan dan tujuan pendidikan orang dewasa, falsafah umum dan kerja POD, model dan perspektif teoritis pendidikan orang dewasa, pengertian dan teori-teori motivasi, teori-teori belajar kontemporer, gaya belajar dan pengambilan keputusan, prinsip-prinsip belajar dan mengajar dalam pendidikan orang dewasa, pengertian dan pendekatan dalam pelatihan yang berbasis kompetensi, analisis kebutuhan, pengertian dan pengembangan kurikulum, analisis tugas dan penyusunan tujuan behavioral, desain penilaian, pengembangan sumberdaya dan lingkungan, pengembangan rencana pengajaran dan tindak lanjut pelatihan.

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa agar memahami tentang berbagai teori, metode, aplikasi teori komunikasi via media siaran. Mahasiswa diharap berperan aktif dalam mempelajari, menyusun dan menyampaikan pesan yang diformat dalam bentuk naskah via media Radio dan Televisi. Mata kuliah prasyarat: Dasar2 komunikasi.

Mata kuliah ini diorganisir dalam 14 sesi, yang setiap sesi memerlukan dua jam pertemuan tatap muka di perkuliahan & ditambah dengan tugas-tugas individual dan praktikum.

Matakuliah ini menjelaskan pengertian komunikasi bisnis, fungsi dan kedudukannya dalam berbagai skala dan modernitas organisasi bisnis; telaah sistem pada organisasi dan komunikasi bisnis; model-model dan proses komunikasi antar manusia; syarat-syarat komunikasi yang efektif untuk pemeliharaan organisasi, hubungan masyarakat, dan promosi : dalam bentuk komunikasi lisan, tertulis, grafis, dan visual.

Matakuliah ini ingin memberikan sudut pandang terhadap masyarakat manusia di dalam suatu kerangka integral dengan lingkungan alamnya. Di dalam mata kuliah ini diperkenalkan konsep-konsep ekologi manusia, sejarah adaptasi manusia dengan lingkungan alamnya, serta sistim adaptasi masyarakat-masyarakat di Indonesia dan perkembangannya.

Mata kuliah ini membahas teori dan konsep-konsep sumberdaya bersama (the commons) rezim-rezim pengelolaan sumberdaya alam, desentralisasi dan devolusi pengelolaan SDA, teori dan konsep-konsep pengelolaan kolaboratif SDA, manajemen konflik, aspek-aspek teknis pengelolaan kolaboratif, serta kajian-kajian empirik implementasi model pengelolaan kolaboratif.

Matakuliah ini memberikan pengantar tentang teori-teori kebijakan politik dan ekologi politik untuk akses, pemanfaatan dan kontrol atas sumber daya alam dan implikasinya terhadap struktur penguasaan sumber daya alam, proses degradasi lingkungan dan marjinalisasi komunitas lokal

Matakuliah ini menjelaskan teori-teori perubahan sosial, yakni teori struktural fungsional, konflik, modernisasi, ketergantungan, dan sistem dunia. Di dalamnya dijelaskan pengertian, sebab, pola, sumber dan bentuk perubahan sosial, kepemimpinan dan perubahan sosial, gerakan sosial, perubahan berencana, pembangunan, dan masalah-masalah sosial. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan konsep dan fenomena perubahan sosial dari berbagai teori dan perspektif.

Mata kuliah ini menjelaskan Kelembagaan, Organisasi dan Kepemimpinan sebagai Ilmu yang Diterapkan untuk pemahaman kelembagaan dan organisasi berdasarkan konsep, ciri dan tipe perkembangan pengorganisasian dalam masyarakat, termasuk organisasi-organisasi modern---birokrasi. Pemahaman ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menganalisis situasi sosial dan pengembangan kelembagaan baik di aras lokal, nasional maupun internasional untuk mengembangkan komunitas. Untuk itu dibahas pula kepemimpinan dalam organisasi, tipe dan pola kepemimpinan, prasyarat dan aspek sitausi kepemimpinan, kepemimpinan kelompok dan asas kepemimpinan yang efektif dalam pengorganisasian pengembangan masyarakat dijadikan bahan perkuliahan. Dengan demikian, semua mahasiswa peserta kuliah mampu menilai kembali dan meningkatkan kompetensi menemukan dan menyertakan lembaga-lembaga dan organisasi-organisasi kemasyarakatan untuk kegiatan pengembangan masyarakat.

Matakuliah ini menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan partisipasi masyarakat dan cara-cara penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat

Matakuliah ini bertujuan memberi pengetahuan dan meningkatkan kapasitas mahasiswa agar mampu untuk merancang usulan penelitian dan melaksanakan seluruh proses penelitian sosial melalui pembelajaran mengenai berbagai metode penelitian Ilmu-ilmu sosial; khususnya membahas secara mendalam proses penelitian survey berikut cara pengambilan data kualitatif, serta permasalahan yang berhubungan dengan itu. Bagian pertama, Elemen dasar penelitian: (1) topik, latar belakang, dan perumusan masalah, serta (2) paradigma teoritik ilmu pengetahuan sosial (kuantitatif, kualitatif & kombinasi). Bagian kedua, Disain dan Strategi Penelitian: (3) penelitian kuantitatif, (4) penelitian kualitatif, (5) kerangka pemikiran; (6) konseptualisasi, hipotesa, definisi operasional, hubungan antar variabel & pengukuran.  Bagian ketiga, Metode pengumpulan data: (7) Indeks, skala, dan tipologi; (8) Metode wawancara, pengamatan dan pengumpulan dokumen, (9) Metode pengambilan sampel; (10) Prinsip-prinsip pengukuran, tingkat reliabilitas dan validitas hasil pengukuran; (11) Pembuatan kuesioner. Bagian keempat, Metode pengolahan dan analisis Data: (12) Pengolahan data, editing dan tabulasi data; (13) Analisis data; dan (14) Penyusunan dan penyajian proposal &laporan hasil penelitian.

Untuk melakukan enrollment ke matakuliah MPS, silahkan gunakan enrollment key skpmtop.

Pengembangan masyarakat (community development/CD) juga memerlukan pengembangan budaya (cultural development), baik dalam kaitannya dengan globalisasi ataupun penghargaan keragaman budaya lokal. Relevansi pengembangan budaya tidak hanya berkaitan dengan proses pembentukan identitas diri warga yang dapat membentuk ikatan solidaritas komunitas, tetapi juga dilihat sebagai bagian dari empowerment melalui kegiatan penyadaran (consciousnes raising). Dalam komunitas yang multikultural, pemahaman akan beragam budaya akan mencegah risiko konflik karena ketidakkompetenan berkomunikasi. Juga dalam hubungan interaksi antara warga komunitas dengan orang luar seperti agen-agen pembangunan (pekerja Pengembangan Masyarakat dari luar komunitas). Dalam interaksi antar pihak yang berbeda status kekuasaan dan budaya terdapat dominasi dari kelompok yang lebih statusnya terhadap kelompok subordinat melalui hegemoni budaya. Dalam konteks seperti menjadi relevan aktivitas consciousness raising kepada kelompok subordinat dengan membongkar budaya-budaya yang terhegemoni sehingga tujuan pengembangan budaya adalah emansipatory. Proses tersebut akan terjadi apabila masyarakat dalam sebagai suatu sistem berfungsi organisasi pembelajar (learning organization) untuk beradaptasi dengan perubahan, dinamika sosial budaya di tingkat komunitas hingga global.

Matakuliah ini menjelaskan teknik merencanakan dan mengevaluasi program pengembangan masyarakat secara partisipatif

Mata kuliah ini berupa kegiatan menulis Karya Ilmiah berdasarkan kajian pustaka state of the art atas topik tertentu yang dikerjakan secara mandiri oleh mahasiswa dengan dengan bimbingan dosen. Hasil studi pustaka ini akan menjadi bagian awal dari proposal penelitian skripsi.

Silahkan gunakan enrollment key skpmtop untuk melakukan enrollment ke matakuliah studi pustaka.