Pada matakuliah ini mahasiswa mempelajari tentang defenisi dan ruang lingkup pengelolaan lahan dan air, fungsi dan tata kelola lahan, siklus hidrologi, penyebab degradasi lahan dan air, teknik – teknik konservasi tanah dan air ; irigasi dan drainase; Perencanaan pengelolaan tata air ditingkat usaha tani; pengelolaan sumber daya lahan dan air berbasis kearifan local.
mata kuliah ilmu komunikasi diberikan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa akan sejarah perkembangan ilmu komunikasi, peran, manfaat, tujuan dan tradisi baik komunikasi persona maupun antar persona.
Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang latar belakang dan ruang lingkup teknologi pengolahan hasil pertanian, prinsip dan pengertian proses termal, proses pengolahan pangan dengan fermentasi, pengolahan kakao, proses pengolahan tebu menjadi gula, proses pengolahan kelapa sawit, proses pengolahan nilam, proses pengolahan sereh wangi, proses pengolahan kayu putih.
Mata kuliah ini akan membahas definisi penangkapan ikan dan jenis-jenis kegiatannya, klasifikasi metode penangkapan ikan, prinsip-prinsip metode penangkapan ikan berdasarkan jenis dan habitatnya.
This course gives a bridge to the gap of the teachers and the use of the Information and Communication Technology (ICT) in teaching and learning activities. This provides clear, non-technology descriptions of new technology tools and shows how students, as mainly candidates of teacher, can apply these tools in the classroom.
There will be twelve topics which will be discussed during the teaching and learning activities. The topics are technology in the classroom, word processors in the classroom, using websites, internet-based project work, how to use e-mail, how to use chat, blogs-wikis-podcast, online reference tools, technology-based courseware, producing electronic materials, e-learning: online teaching and training, and preparing for the future.
Antomi Fisiologi Manusia merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang struktur, fungsi dan mekanismekerja dari sistem organ tubuh manusia yang meliputi Sistem Rangka, Sistem Otot, Sistem Pencernaan, Sistem Peredaran Darah, Sistem Respirasi, Sistem Urinaria, Sistem Endokrin, Sistem Reproduksi dan Sistem Panca Indra.
Mata kuliah ini membahas segala komponen yang berkaitan dengan ekonomi teknik. Materi yang dibahas mencakup konsep dasar ekonomi teknik, bunga dan rumus bunga, jenis bunga dan pemajemukan kontinyu, pemilihan alternatif-alternatif ekonomi, metode Rate Of Return (ROR), analisis titik impas dan analisis sensivitas, pertimbangan resiko dan ketidakpastian, depresiasi, pengaruh pajak pada analisis ekonomi teknik. analisis penggantian, analisis manfaat biaya, dan ekivalensi dengan mempertimbangkan inflasi.
Mata kuliah ini membahas tentang proses kebuntingan, diagnosa kebuntingan, kelahiran dan pasca lahir pada hewan serta penyakit-penyakit alat kelamin hewan betina dan jantan. Materi yang dibahas mencakup perubahan sistema reproduksi betina saat bunting, kelahiran, dan pasca lahir, serta siklus hormonal pada saat kebuntingan, kelahiran, dan pasca lahir. Penyakit-penyakit yang terkait pada sistema reproduksi yang disebabkan oleh gangguan metabolisme ataupun agen penyakit bakteri, viral, ataupun parasit terutama yang terjadi pada hewan betina dimasa kebuntingan, kelahiran, maupun pasca lahir.
Mata kuliah ini membahas tentang pengenalan Algoritma, algoritma pseudecode dan flowchart, statement if, perulangan, fungsi, dan file data menggunakan bahasa pemrograman java

Ekologi Hewan merupakan mata kuliah pengembangan pengetahuan dari mata kuliah biologi lingkungan. Hewan sebagai salah satu organisme hidup yang menempati suatu habitat atau wilayah untuk hidup tumbuh, berkembang dalam mempertahankan generasinya. Dua habitat utama yang biasa kita kenal sebagai tempat hidup hewan-hewan, antara lain pertamaairhewan yang mendiaminya dinamakan hewan aquatik, kedua hewan yang hidup didaratan dinamakan hewan terestrial. Hewan yang hidup dialam harus memiliki kepekaan tanggapan terhadap apa yang terjadi dilingkungan dimana hewan itu hidup. Keanekaragaman hewan memunculkan kelompok-kelompok dalam kehidupannya, mereka membentuk populasi, komunitas dan sampai pada hubungan timbal balik antara yang hidup dan tidak hidup dalam lingkungan yang dinamakan ekosistem. Populasi hewan memiliki sifat yang dinamis, selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Sifat yang dinamis ini bisa menyebabkan hilangnya spesies tertentu di alam ini, untuk itu perlu dilakukan konservasi hewan, dengan tujuan untuk mempertahankan keberadaan spesies yang terancam punah atau hilang dari lingkungan.

Pada mata kulia ini di jaring tentang latar belakang ruang lingkup hama penyakit ikan yang merupakan pembahasan yang paling menarik untuk di bahas.Hama penyakit yang selalu menyerang ikan adalah:seperti Baktri,Virus,jamur dll.Dan cara penanggulangan nya ialah:
Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang bahan pangan, penyebab perubahan pasca panen secara umum dan khusus yang terjadi terhadap berbagai bahan pangan, mempelajari tentang sifat fisiko-kimia dan biologi dan perubahan pasca panen yang terjadi pada berbagai bahan pangan.

Pada mata kuliah ini akan dibahas pengertian tentang Ilmu Penyakit Tumbuhan yang menyangkut sejarah dan penggolongan dan penyebab penyakit, mekanisme atau proses terjadinya kerusakan tanaman oleh penyakit, bioekologi penyakit, contoh-contoh penyakit pada tumbuhan

Pada Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang anti turunan (integral tak tentu),teknik pengintegralan, integral tentu dan penggunaan integral dalam kehidupan sehari-hari.
Pada Mata kuliah ini mahasiswa diajari tentang prosedur pembuatan dan pemberian pakan pada ikan, berdasarkan jenis dan kandungan gizi pakan yang dibutuhkan, yang meliputi jenis bahan, kandungan bahan dan formulasi pembuatan pakan ikan.
mahasiswa diharapkan mampu menentukan jenis, dan kandungan gizi yang dibutuh kan dalam kegiatan budidaya ikan.serta mengetahui jenis-jenis bahan alami dan kandungan gizi yang dapat digunakan dalam pembuatan pakan ikan.
Setelah menyelesaikan Mata Kuliah ini mahasiswa dapat memahami pengertian Biologi Laut, Geografi Laut Indonesia, factor-faktor lingkungan, prinsip dasar ekologi oseanografi, berbagai bentuk kehidupan di laut, Ekologi Intertidal dan Biologi Laut Dalam.

Pemrograman berbasis web merupakan suatu metode untuk membuat suatu aplikasi yang menggunakan Web sebagai medianya. Bahasa pemrograman berbasis web yang digunakan, dibagi menjadi dua berdasarkan letak pengeksekusiannya, yaitu client side scripting dan server side scripting. Client side scripting dijalankan pada komputer klien (user) dan digunakan untuk membuat tampilan web agar menarik dan dinamis, sedangkan server side scripting dijalankan pada komputer server dan digunakan untuk memproses data/informasi yang akan ditampilkan di halaman Web
Matakuliah Percobaan Belajar e-learning

Mata kuliah ini membahas beberapa materi yang meliputi ; Filsafat Pancasila, Identitas Nasional, Hak dan Kewajiban Warga negara, Negara dan Konstitusi , Demokrasi Indonesia , HAM, Rule of Law, Geopolitik Indonesia, dan Geostrategi Indonesia. Kajian ini berdasar Surat Keputusan Dirjen Dikti No 43 /Dikti/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pendidikan yang wajib diberikan di semua jenjang pendidikan termasuk di jenjang perguruan tinggi sebagaimana tertuang di dalam UU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional maupun UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.