Program Pascasarjana (S2) Ilmu Komputer IPB
Pelatihan Kepustakaan
Mengkaji fungsi kritis Sistem Informasi (SI) bagi suatu organisasi, bagamaina peran analis sistem, apa metoda dan alat bantu analisis dan disain SI yang harus disinergikan dengan misi, misi, tujuan dan proses bisnis organisasi. Topik kajian juga mencakup siklus hidup pengembangan sistem, spesifikasi, analisis, desain, implementasi, pengujian, CASE tools, prototyping, kendali mutu, teknik-teknik investigasi, interview, dan pendokumentasian terstruktur.
Perancangan Aplikasi Jaringan adalah strategi desain dan metode dalam mengembangkan aplikasi yang beroperasi di lingkungan jaringan seperti aplikasi-aplikasi berbasis Internet dan layanan-layanannya. Topik-topik utama yang dipelajari dalam kuliah ini adalah Protokol Internet suite seperti antarmuka program aplikasi WinSock (API) atau pemrograman socket. Selain itu, tujuan dari kuliah ini adalah untuk mengembangkan layanan jaringan yang diberikan kepada aplikasi, hubungan aplikasi jaringan untuk TCP dan UDP, operasi, desain, dan implementasi aplikasi jaringan dan aplikasi-tingkat protokol berbasis pada model client-server. Para siswa akan mampu (1) merancang, mengembangkan, debug, dan aplikasi uji jaringan dan aplikasi-tingkat protokol menggunakan antarmuka program aplikasi standar dan meningkatkan ketahanan dan kinerja aplikasi jaringan dengan mengoptimalkan kedua aplikasi-tingkat protokol dan struktur kode; (2) untuk menggambarkan pendekatan pembangunan dan lingkungan untuk aplikasi jaringan dan juga masalah keamanan yang berhubungan dengan aplikasi jaringan. 

Mata kuliah ini mempelajari pendekatan sistem dalam menyelesaikan permasalahan dan pengembangan Sistem Pakar (SP) meliputi Akuisisi Pengetahuan, Represenrasi Pengetahuan, Pembuatan Inference Engine dan Implementasi. Mata kuliah ini juga mempelajari Teknik-teknik Pengambilan Keputusan (Bayesian, Decision Tree, AHP, dll)  yang akan diterapkan dalam suatu Sistem Penunjang Keputusan (SPK).  Penugasan projek sederhana dengan mengkombinasikan SP dan SPK bagi mahasiswa pada mata kuliah ini dimaksudkan untuk menerapkan teori dan teknik pada aplikasi riel dan mempertajam analisis dan evaluasi terhadap validitas sistem yang telah dihasilkan.

Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengimplementasikan sistem komputer secara komprehensif, mulai dari level terendah, level jaringan, hingga level aplikasi. Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa (1) belajar tentang hirarki abstraksi dan implementasi yang terdiri dari sistem komputer modern termasuk menyediakan kerangka kerja konseptual yang dapat diperluas seperti pada compiler, sistem operasi, jaringan, dan lain-lain; (2) memberikan latar belakang untuk memahami banyak sistem komputer yang berbeda; (3) memahami teknik-teknik mendasar sistem basisdata dan pengembangan aplikasi pada berbagai lingkungan sistem yang berbeda; (4) mempersiapkan mahasiswa untuk memahami matakuliah pada tingkat berikutnya.

Materi mata kuliah ini meliputi: mutu perangkat lunak dan penjaminan mutu perangkat lunak, review perangkat lunak, review teknik formal, metrik mutu perangkat lunak, pendekatan formal pada penjaminan mutu perangkat lunak, keandalan perangkat lunak, CMM, pengenalan uji perangkat lunak, uji dengan metodologi daur hidup, uji teknik, uji tools, dokumentasi uji, pelaporan hasil uji, uji kotak putik, dan uji kotak hitam.

Mata kuliah ini membahas konsep, model, algoritme, metode dan penerapan teknik-teknik knowledge discovery dan data mining pada permasalahan kompleks dunia nyata, termasuk bidang pertanian, meliputi klasifikasi, analisis dan pola asosiasi, analisis cluster; predictive analytics, pembelajaran statistik dan ensemble serta teknik-teknik lanjut data mining meliputi spatial data mining, spatio-temporal datamining, text dan web mining, sequential pattern mining, co-location pattern mining serta stream data mining.

Mata kuliah ini menjelaskan faktor-faktor yang berhubungan dengan implementasi e-government yang meliputi alasan pentingnya pengembangan e-government, tantangan e-government, perencanaan pengembangan e-government, implementasi front office, back office, management project e-government dan perkembangan e-government di berbagai negara. Seiring dengan perkembangan konsep ‘e’ dewasa ini, mata kuliah ini juga menerangkan konsep e-governance, e-democracy dan e-campaigning. Mahasiswa diharapkan dapat merancang dan mengimplementasikannya dalam bentuk pemanfaatan ICT dalam government.
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada siswa mengenai algoritme-algoritme yang digunakan untuk memecahkan permasalahan di bidang biologi molekuler, khususnya yang terkait dengan sekuens DNA. Mata kuliah ini berisi antara lain dynamic programming untuk memecahkan permasalahan sequence alignment, algoritme untuk membangun phylogenetic tree, algoritme graf untuk memecahkan permasalahan DNA sequence assembly, dan penerapan machine learning untuk memecahan permasalahan identifikasi, klasifikasi dan klustering pada sekuens genom