Deskripsi Singkat:Mata kuliah ini menjelaskan peran dan pentingnya kewirausahaan, bagaimana membangun impian, pengembangan motivasi berwirausaha, karakteristik wirausaha, penemuan dan pengembangan ide berwirausaha serta pengalaman dari para praktisi bisnis

Tujuan Instruksional Umum :Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki wawasan baru tentang potensi wirausaha dan termotivasi untuk mengembangkan dirinya serta mampu mengubah cara berfikir dalammengembangkan jiwa wirausaha

Tujuan umum MK Bahasa Indonesia adalah mahasiswa diharapkan dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam bahasa lisan dan tulisan ilmiah.
Pada MK Bahasa Indonesia diberikan materi ejaan, struktur kalimat tunggal dan mejemuk, kalimat efektif, diksi atau pilihan kata, definisi, paragraf, jenis tulisan, korespondensi, penulisan proposal, penulisan karya ilmiah, dan pustaka rujukan.
Mata kuliah ini diberikan di Tingkat Persiapan Bersama (TPB) IPB. Mata kuliah memberikan pengetahuan dan wawasan tentang perkembangan dan manfaat biologi di masa kini.Perkuliahan dalam MK iniditerangkan konsep dasar dari tema-tema biologi dan contoh-contoh aplikasi dari tema-tema tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tema-tema biologi yang dipelajari pertemuan 1-7 mencakup cakupan biologi dan asal muasal kehidupan, biologi sel, penyakit gangguan lisosom, tranpor melewati membran,respirasi selular, efek senyawa racun terhadap respirasi, fermentasi, fotosintesis, manfaat dan pengaruhnya terhadap lingkungan, bahan genetik dan mutasi,rekayasa genetik, GMO, kloning, stem cells, dan bioteknologi. Pertemuan ke 8-14 mencakup keragaman dan peranan monera dan protista, cendawan,tumbuhan, hewan, dan ekologi dan biologi konservasi.

Mata kuliah ekonomi umum diberikan dengan tujuan untuk memberikan gambaran secara umum mengenai ilmu ekonomi dan perekonomian Indonesia.Secara khusus mata kuliah ekonomi umum diberikan dengan maksud :

1.Mahasiswa memperoleh pengertian ekonomi sebagai suatu cabang ilmu.

2.Mahasiswa memahami tingkah laku rumah tangga, perusahaan dan pasar dalam pengambilan keputusan ekonomi.

3.Mahasiswa memahami ekonomi makro, permasalahannya serta kondisi aktual ekonomi makro Indonesia.

Dalam mata kuliah ini dipelajari tentang pengenalan berbagai prinsip dasar dalam psikologi, yaitu : pengertian psikologi, dasar-dasar biologis perilaku, sensasi dan persepsi, kesadaran, prinsip-prinsip pembelajaran, ingatan, berpikir dan berbahasa, motivasi, emosi, pengaruh persepsi sosial terhadap hubungan sosial, sikap, kepribadian, stres dan koping, serta gangguan psikologis dan penanganannya.

DESKRIPSI
Mata kuliah ini membahas tentang pemahaman dan penerapan nilai-nilai fundamental bangsa dan negara dalam upaya menumbuhkan kesadaran bela negara di kalangan peserta didik sebagai generasi penerus, serta mampu bersikap proaktif terhadap perubahan yang terjadi guna mewujudkan keterpaduan ipteks dan pembangunan.

Dalam kurikulum mayor-minor ini Bahasa Inggris menekankan pada pentingnya praktek penggunaan semua skills yaitu reading, structure, dan writing. Pada mata kuliah ini modul-modul yang disajikan kepada mahasiswa lebih menitikberatkan pada ketiga skills tersebut dilengkapi dengan soal-soal latihan yang dapat digunakan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan diri masing-masing terhadap skills tersebut. Diharapkan nantinya para lulusan TPB dapat menerapkan ilmunya pada saat mereka harus membaca teks berbahasa Inggris di tingkat-tingkat berikutnya.
materi ini tentang Pancasila dan implementasinya, identitas nasional, konstitusi, demokrasi, warga negara, hak asasi manusia, geopolitik, geostrategi, polstranas, good governance, otonomi daerah, dan pendidikan anti korupsi.

Pada mata kuliah ini dibahas materi: Sejarah Perkembangan Hindu, Weda, Dasar-Dasar Kepercayaan Hindu, Teknik Untuk Mencapai TujuanAgama, Filsafat Hindu, Etika Hindu, Yadnya, Kemasyarakatan Hindu,Dasar-Dasar Kepemimpinan Hindu.

    : Pendidikan Agama Buddha membahas ajaran-ajaran pokok agama Buddha meliputi sejarah Siddhartha Buddha Gotama, Empat Kebenaran Mulia, Hukum Kausalitas (Paticca Samuppada), Tiga Corak Umum Keberadaan (Tilakkhana), Hukum Karma dan Kelahiran Kembali, Moralitas dan Etika, Tingkat Kesucian yang akan merealisasikan Nibbana, Perkembangan agama Buddha (Awal skolastisme dan Mahayana). Hubungan agama Buddha dengan ilmu pengetahuan, kehidupan umat awam (tentang perkawinan, seks, hak dan kewajiban anggota keluarga serta masyarakat).
    Mata kuliah ini dirancang dan disusun untuk mengantarkan mahasiswa IPB ke dunia pertanian dalam arti yang luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan ilmu-ilmu pertanian serta menumbuhkan sikap bangga dalam ikut mengembangkan ilmu pertanian.
    Mata kuliah ini membahas unsur-unsur dalam kimia (memahami bahasa kimia), inti atom dan makna praktisnya bagi kesejahteraan, interaksi antarmolekul dan konsekuensi makroskopik molekul air, asam-basa dan reaksi reduksi-oskdasi, sekilas senyawaan organik, bahan kimia dalam tubuh kita : zat gizi dan cara kerjanya, kimia obat dan mekanisme kerjanya dalam tubuh, optimisasi produksi pangan dari bumi, sumber daya air tawar, peran tanggung jawab manusia, sumber daya udara di planet kita, sumber daya material di masyarakat kita, sumber daya energi sekarang dan di masa datang.
    Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar kimia yang disampaikan secara sederhana, meliputi pengertian tentang sifat kimia modern; persamaan kimia dan hasil reaksi; ikatan kimia; wujud materi; larutan; termodinamika dan termokimia, kesetimbangan kimia; asam-basa; elektrokimia; kinetika kimia; molekul organik; senyawa kompleks dan material polimer
    Mata kuliah ini membahas diawali dengan Pendahuluan, Struktur dan Sifat-sifat Atom, Ikatan Kimia I, Ikatan Kimia II, Stoikiometri, Wujud Zat, Hubungan Energi dalam Reaksi Kimia, dan Sifat Fisis Larutan

    Matakuliah ini menjelaskan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, masyarakat dan kebudayaan, kelembagaan sosial, grup sosial, organisasi sosial, stratifikasi sosial dan sistem kekuasaan, proses-proses sosial dalam masyarakat, perubahan masyarakat dan pembangunan.

    Untuk bisa tergabung dalam matakuliah ini, silahkan gunakan enrolment key skpmtop.

    Deskripsi Ringkas : Memberikan pengetahuan dasar manajemen yang mencakup pengertian, unsur, fungsi, aliran dan tokoh manajemen ; serta proses manajemen melalui pendekatan fungsi,sistem,teknik, dan perilaku manajemen ; faktor lingkungan yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen,

    Koordinator : Dr.Ir.Jono M. Munandar, MSc

    Deskripsi : Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar matematika yang meliputi konsep logika matematika (kebenaran suatu pernyataan, argumen, pernyataan dengan suku pengkuantifikasi, induksi matematik), kombinatorika (hukum penggandaan, hukum penjumlahan, permutasi, dan kombinasi), matriks, sistem persamaan linear, pertidaksamaan dan nilai mutlak, fungsi dan model serta limit dan kekontinuan dengan penekanan lebih banyak pada aspek penghitungan.

    Deskripsi : Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar matematika yang meliputi konsep logika matematika dan terapannya (argumen), aljabar matriks dan terapannya (sistem persamaan linear), pertidaksamaan dan nilai mutlak, fungsi, limit dan kekontinuan, turunan dan terapannya pada masalah pengoptimuman, integral dan terapnnya pada masalah persamaan diferensial. Dalam mata kuliah ini,penekanan lebih banyak pada aspek penghitungan,

    Deskripsi : Mata kuliah ini membahas turunan fungsi beserta penerapannya, integral fungsi, fungsi transenden, teknik pengintegralan beserta penerapan integral dan pengantar persamaan diferensial dengan penekanan lebih banyak pada aspek penghitungan.

    Deskripsi : Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar matematika yang meliputi konsep bilangan, selang, variabel, dan operasinya, ketaksamaan, fungsi termasuk operasi, transformasi, dan komposisinya, limit dan kekontinuan, turunan fungsi dan terapannya pada masalah laju terkait, nilai ekstrem serta menggambar grafik.

    Deskripsi : Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar matematika yang meliputi konsep anti-turunan dan integral tentu, penerapan integral, fungsi transenden, serta teknik integrasi.

    Deskripsi Singkat:
    Pada mata kuliah ini akan dibahas materi-materi berikut. Teknik pengintegralan: integral trigonometri dan substitusi trigonometri. Bentuk tak Tentu dan Integral Tak Wajar. Barisan dan Deret Tak Hingga. Irisan Kerucut dan Koordinat Kutub. Geometri Ruang: sistem koordinat dimensi tiga, silinder dan permukaan-permukaan kuadrik, koordinat silinder dan koordinat bola.

    Kuliah Pendidikan Agama Islam diajarkan agar mahasiswa dan mahasiswi memiliki pengetahuan Islam secara komprehensif (secara luas dan mendalam), mendorong mereka untuk mengkaji, menelaah dan menghayati ayat-ayat Allah SWT (Qauliyah dan Kauniyah) dan tidak bersikap dikotomis serta memberi pemahaman tentang hakikat manusia yang membutuhkan panduan hidup (al Islam), baik secara individu maupun sosial dalam rangka mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.