Menginformasikan Program Studi Teknologi Pangan (spesifikasi program studi, kompetensi lulusan dan learning outcomes, staf pengajar, struktur kurikulum, fasilitas pendidikan, proses pemebelajaran dan asesmen capaian pembelajaran, prosedur pendaftaran dan biaya pendidikan).


Membahas karakteristik alami dari bahan pangan (kimiawi, fisik, sensori, dan mikrobiologi) dan kaitannya dengan mutu pangan. Komponen kimia utama yang dibahas mencakup srutuktur kimia dan sifat fungsional air, karbohidrat, lipid, protein, dan bahan tambahan. Karakteristik fisik membahas sifat bahan pangan solid, semi-solid dan cair. Beberapa sifat sensori dan mutu mikrobiologis bahan pangan juga dibahas.


Membahas prinsip-prinsip teknologi pengolahan pangan yang meliputi pemanasan, pendinginan, pengeringan, irradiasi, pemanasan dengan gelombang mikro dan ohmik, ekstrusi, penggorengan, pemanggangan, pengawetan non-thermal (tekanan hidrostatik, medan listrik, magnet dan cahaya), serta fermentasi.


Mendiskusikan masalah keamanan pangan dari segi mikrobiologi, yang mencakup berbagai jenis mikroorganisme patogen baik yang konvensional maupun emerging; pertumbuhannya pada pangan dan pembentukan toksin baik dalam pangan maupun tubuh manusia; pengendaliannya selama pengolahan; penyakit/keracunan yang diakibatkannya, modus outbreak patogen-pangan, metode deteksi patogen dalam pangan serta perkembangan sistem manajemen keamanan pangan.

Membahas tentang produk pangan yang memiliki sifat fungsional bagi tubuh, terutama tentang keamanan, khasiat dan mekanisme biologis dalam tubuh. Dalam mata kuliah ini dibahas juga formulasi dan suplementasi komponen-komponen bioaktif panganuntuk pengembangan produk-produk pangan fungsional, terutama yang berbasis sumberdaya lokal.


Membahas tentang peran perundangan dan regulasi dalam pengaturan keamanan pangan baik pada tingkat hukum, regional maupun dunia, proses penetapan maupun penerapannya, termasuk lembaga-lembaga pelaksana maupun penetap kebijakan yang terkait, serta contoh kasus-kasus dispute yang mungkin terjadi dan cara penanganannya.