Dalam kuliah ini akan dibahas materi aljabar linear dengan penekanan pada teori matriks. Pokok bahasannya meliputi: ruang vektor atas suatu field, ruang Euclidean, dan ruang uniter. Selain itu dibahas pula transformasi Linear dan Matriks. serta transformasi linear di dalam ruang uniter dan matriks simpel.

Dalam kuliah ini akan dipelajari konsep dan teorema tentang sistem bilangan real, ukuran Lebesgue, fungsi terukur Lebesgue, integral Lebesgue, turunan dan integral.

Mata kuliah ini akan membahas mengenai dasar-dasar pemrograman serta aplikasi pada bidang matematika dengan pemrograman SCILAB.
Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang metode - metode numerik tingkat lanjut untuk penyelesaian beberapa jenis masalah secara numerik. Pokok bahasan meliputi metode langsung untuk penyelesaian sistem persamaan linear, metode iteratif untuk penyelesaian sistem persamaan linear. Aproksimasi nilai eigen dan vektor eigen, pencarian akar sistem persamaan tak linear, sistem persamaan taklinear dan optimasi numerik. Interpolasi polinomial, pengintegralan numerik, polinomial orthogonal dalam teori aproksimasi. Solusi numerik dari sistem persamaan diferensial biasa, masalah nilai batas dua titik, masalah nilai batas awal parabolik dan hiperbolik.

Dalam kuliah ini akan dipelajari permasalahan umum Pemrograman Linear ditinjau dari aspek teoritis dan komputasi beserta aplikasi Algoritma Simpleks untuk network.

Dalam kuliah ini akan dipelajari tentang teori suku bunga, fungsi-fungsi dasar suku bunga majemuk, investasi pada saham, investasi pada sekuritas fixed-income, serta penilaian sekuritas.

Dalam matakuliah ini akan dipelajari secara mendalam teori pencarian solusi sistem persamaan diferensial biasa serta persamaan diferensial parsial. Sistem Linear: diagonalisasi, teorema dasar, sistem linear di R2, bentuk Jordan, teori kestabilan, sistem linear tak homogen.  Sistem Tak Linear Lokal: teorema dasar eksistensi dan ketunggalan, ketergantungan solusi pada nilai awal dan parameter, eksistensi interval maksimal, pelinearan, teorema manifold stabil, kestabilan Lyapunov, titik kritis non-hiperbolik, gradien dan sistem hamiltonian.  Sistem Tak Linear Global: teorema eksistensi global, himpunan limit dan penarik, orbit periodik, limit cycles, pemetaan Poincare, kriteria Bendixon, potret phase global, teori index. Persamaan diferensial parsial orde pertama: konsep dan solusi persamaan linear, quasi linear, serta persamaan taklinear. Persamaan diferensial parsial orde dua: konsep dan tipologi.  Bentuk normal/bentuk kanonik.  Metode penyelesaian elementer. Penyelesaian masalah nilai awal dan nilai batas. Konsep dan aplikasi deret Fourier, deret Fourier sinus dan kosinus. Aplikasi fisis persamaan diferensial parsial: Persamaan Gelombang, Persamaan Panas, dan Persamaan Laplace.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang proses pembentukan suatu model matematik dari suatu bentuk masalah nyata beserta teknik-teknik komputasi untuk mencari solusinya. Berbagai jenis model matematik diterapkan pada masalah-masalah nyata pada berbagai bidang disiplin.

Dalam kuliah ini dipelajari materi-materi berikut: Proses Poisson dan Rantai Markov Kontinu, Teori Antrian, Teori Reabilitas, Gerak Brown dan Proses Stasioner.

Dalam kuliah ini akan dipelajari formulasi masalah nyata menjadi pemrograman integer, penggunaan logical variables dalam formulasi pemrograman integer, pemrograman integer dengan struktur khusus, reformulasi pemrograman integer, metode penyelesaian pemrograman integer yaitu metode cutting plane, branch and bound, dan algoritme-algoritme heuristik, aplikasi pemrograman integer dalam dunia nyata, serta model-model lain yang dapat diformulasikan menjadi pemrograman integer, yaitu network path models, network flow dan network design models.

Mata kuliah ini membahas: pengembangan model Riset Operasi untuk memecahkan permasalahan nyata. Secara khusus akan dibahas pengembangan model optimisasi berkendala. Topik yang dibahas mencakup: taksonomi permasalahan optimasi serta berbagai pendekatan untuk memecahkannya, review tentang pemodelan pemrograman metematika, penggunaan variable diskrit, representasi kondisi logic dengan variabel biner, variabel berbentuk special ordered set, set covering problem, set packing problem, set partitioning problem, knapsack problem, traveling salesperson problem, quadratic assignment problem, serta implementasi model riset operasi.

Dalam kuliah ini akan dipelajari tentang instrumen financial derivatives dan peranannya sebagai sarana investasi  di pasar modal, mekanisme dan strategi investasi dengan kontrak futures dan kontrak opsi, penentuan harga kontrak opsi baik dengan teknik binomial maupun dengan formula Black_Scholes,  serta analisis sensisitifitas harga kontrak opsi menggunakan greeks.

Mata kuliah ini membahas terapan matematika yang berhubungan dengan aktuaria untuk pekerjaan di asuransi jiwa, dana pensiun, asuransi kesehatan, dan asuransi umum. Topik yang dibahas: model risiko individu jangka pendek, sebaran survival dan tabel hayat, asuransi hidup, anuitas hidup, premi, dan cadangan premi (benefit reserves).