Mata kuliah membahas tentang good laboratory practice, kode etik penggunaan ternak dan keterampilan teknik analisis yang digunakan di dalam penelitian bidang ilmu nutrisi dan pakan.

LMS ini merupakan kumpulan berbagai bahan ajar yang digunakan dalam menunjang kegiatan pembelajaran di Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan. Seluruh bahan ajar yang diupload dalam LSM ini hanya digunakan untuk proses pembelajaran, tidak untuk disebarkan atau dikomersilkan.
Silahkan kirim email ke: intp@ipb.ac.id untuk mendapatkan enrolment key

LMS ini merupakan Sistem Administrasi Kemahasiswaan Fakultas Peternakan, setiap mahasiswa Fakultas Peternakan wajib masuk dalam LMS ini.
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang kriteria kualitas pakan dari segi fisik, dan kimia serta pengenalan jenis bahan pakan konvensional dan pakan nonkonvensional serta penggunaannya dalam ransum untuk berbagai jenis ternak
Mata kuliah ini menyampaikan pengetahuan dasar tentang penerapan biokimia dalam ilmu nutrisi terutama mengenai jenis zat makanan dan proses metabolismenya di dalam tubuh ternak.
Mata kuliah ini membahas fungsi nutrisi pada berbagai organ dalam tubuh mulai dari masuk saluran perncernaan, proses pencernaan, penyerapan dan metabolisme untuk selanjutnya dijadikan produk di organ target. Untuk akses ke mata kuliah melalui LMS harap menghubungi Prof. Dewi Apri Astuti untuk mendapatkan password

PIN

The lecture will explain about animal nutrition sciences, feed and animal body composition, consumption regulation, digestive system,  digestibility measurement, nutrient digestibility evaluation, energy, protein, antinutrition, nutrient requirement, and introduction to nutrition research.

PIN
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan ilmu nutrisi, komposisi pakan dan tubuh hewan, konsumsi pakan, evaluasi kecernaan zat makanan, kandungan dan partisi energi pakan, evaluasi manfaat protein, mineral dan vitamin, manipulasi proses nutrisi dan kebutuhan zat makanan. Panduan LMS untuk mahasiswa dapat didownload disini. [Panduan LMS]

Mata kuliah in membahas tentang peranan dan perkembangan ilmu dan manajemen pastura, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan produksi pastura, penyebaran komoditas biotik hijauan alami, dan pengenalan jenis rumput dan leguminosa pakan.

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai lingkungan pastura, biotik dan abiotik, hubungan antara komponen pastura dan pengaruh lingkungan pada produktivitas pastura.

Mata kuliah ini membahas tentang tujuan, fungsi dan manfaat teknologi pengolahan, sifat fisik dan sifat kimia bahan pakan, klasifikasi jenis teknologi pengolahan pakan standar mutu pakan olahan secara nasional dan internasional, kebijakan teknologi pengolahan serta pengaruhnya terhadap kualitas nutrisi, daya simpan dan tingkat penggunaannya secara optimum untuk ternak.

Mata kuliah ini membahas mengenai ruang lingkupindustri pakanmulai dari sejarah perkembangan industri pakan nasional dan internasional, pemilihan dan pembeliaan bahan baku pabrik pakan (purchasing), alur proses produksi pakan di pabrik, mulai dari receiving, quality control, warehousing, prosesing, loading, marketing, serta prinsip kerja dan pengoperasian mesin-mesin produksi meliputi teknik grinding, mixing, pelleting, crumbling, wafering, exrution dan ekpansion, teknik maintenance mesin dan alat, teknik packaging, produk pakan, perubahan nilai fisik dan nutrisi bahan selama prossesing,proses flow diagram sistem produksi.


Mata kuliah ini mempelajari tentang ilmu mikrobiologi nutrisi dan aplikasinya yang berkaitan dengan ilmu nutrisi dan makanan ternak.

Mata kuliah ini membahas perkembangan industri perunggasan dan penerapan ilmu nutrisi unggas; peranan dan penggunaan air, karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin pada unggas; kebutuhan zat nutrisi dan pemberian pakan unggas konsumsi dan unggas hias; serta teknik pemberian pakan pada ayam pedaging, ayam petelur periode pertumbuhan, ayam petelur periode produksi, itik, ayam buras dan puyuh.

Perah

This class will cover history and problem of dairy feedstuff in Indonesia, dairy production and milk quality, milk synthesis, nutrient partition, milk production response to nutrient intake, dairy animal nutrient requirement, feeding strategy, metabolic disorder, environmental impact on dairy production and research topic in dairy nutrition

PERAH

Mata kuliah ini membahas tentang permasalahan pakan ternak perah di Indonesia, pola produksi dan komposisi susu, sintesis susu, partisi zat nutrisi, respon produksi terhadap nutrisi, kebutuhan nutrisi, teknik pemberian pakan, kelainan metabolis dan problematika penelitian nutrisi ternak perah.

Membahas tentang beberapa aspek nutrisi dan non nutrisi yang mencakup daya guna dan kebutuhan cara pemberian pakan dan selanjutnnya dibahas mengenai peranan nutrisi untuk menghasilkan produk dalam masing-masing program usaha yang ada dalam industri ternak pedaging.

Mata Kuliah ini membahas dasar-dasar penelitian, perancangan percobaan, regresi dan korelasi, analisis data penelitian dengan RAL, RAK, Faktorial, Split Plot, BSL, Ancova dan aplikasi software SPPS. 

FORSUM

This course provides computer knowledge can be applied in nutrition science and feed technology that include principles in ration formulation, ration formulation method, the estimated animal nutrition requirements as well as the use of a computer application program in the feed industry.

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dan pengelolaan pastura baik murni maupun terintegrasi dengan tanaman pangan perkebunan dan kehutanan, bentuk-bentuk padang penggembalaan, sistem penggembalaan, tekanan penggembalaan, kerusakan dan perbaikan pastura, suplementasi pastura, kapasitas tampung dan komposisi botani, konservasi hijauan pakan, prasarana dan sarana ranch yang berhubungan dengan manajemen pastura.


Mata kuliah ini membahas mengenai aspek-aspek manajemen produksi pakan dari mulai input-proses sampai output yang dihasilkan.

Mata kuliah ini membahas tentang kriteria dan metode evaluasi kualitas pakan yang umum digunakan di lapang dan pabrikan, manajemen mutu terpadu, HACCP pabrik pakan serta standarisasi dan kebijakan pakan yang berlaku untuk pengendalian mutu pakan.

Mata kuliah ini membahas tentang penggunaan hewan kerja (utamannya kuda dan anjing) dipandang dari segi ilmu nutrisi.

Mata kuliah ini menjelaskan tentang jenis hewan peliharaan, hewan laboratorium, hewan liar berpotensi penghasil produk pangan dan sandang, dan hewan konservasi, serta memahami perbedaan antara hewan peliharaan, hewan laboratorium, hewan liar berpotensi penghasil produk pangan dan sandang, dan hewan konservasi dengan hewan produksi, dan dapat memahami tujuan pemeliharaan berbagai jenis hewan tersebut.

Mata kuliah ini menjelaskan pengetahuan tentang konsep perencanaan, penyediaan hijauan, ciri-ciri wilayah pengembangan peternakan rakyat dan peternakan komersial, metode pengukuran potensi wilayah, pola-pola penyediaan hijauan, program lintas sektoral, dan pembiayaan pastura.


Mata kuliah Seminar merupakan mata kuliah wajib bagi Mahasiswa Mayor Nutrsi dan Teknologi Pakan. Seminar dapat dilakukan berupa proposal penelitian, studi pustaka, hasil magang atau hasil penelitian. Bagi mahasiswa yang sudah registrasi KRS Seminar, silahkan subscribe LMS ini. Jika ada kesulitan silahkan kontak Sekretariat Departemen INTP.

Tugas Akhir (NTP-499) dengan beban 6 SKS wajib diikuti oleh mahasiswa Departemen INTP mulai semseter 7. Tugas akhir dapat berupa penelitian atau magang. Bagi mahaswa yng sudah registrasi melalui KRS Online, silakan subscribe LMS ini. Jika kesulitan silahkan kontak Sekretariat Departemen INTP.